Blogging for sharing, sekedar berbagi ilmu dan pengalaman

Unity, Game Engine Sakti Untuk Berbagai Platform

August 21, 2013 Posted by Ahmad Saifuddin Azhar 21 comments
Mungkin kata ‘game’ sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Kata ‘game’ merupakan kata yang bersal dari bahasa Inggris yang artinya adalah ‘Permainan’, yaitu merupakan aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Di Indonesia sendiri pada umumnya kata ‘game’  diartikan sebagai suatu permainan yang identik dengan permainan digital yang memerlukan konsol game khusus untuk memainkannya.

Dari sekian orang yang membaca artikel ini, mungkin sebagian besar dari anda pernah atau bahkan hoby bermain game. Tapi apakah anda pernah berpikir untuk membuat game anda sendiri?? Sulit dan ribet, mungkin itulah yang ada di benak anda ketika anda berfikir untuk membuat game. Memang, dahulu sebelum tahun 2000′an membuat game memang sangat sulit dan ribet. Pada waktu itu masih belum banyak game engine yang beredar. Yang ada hanyalah berupa library kecil untuk mempermudah pemrograman. Tidak ada tampilan visual, yang ada hanyalah barisan script untuk menjalankan perintah-perintah tertentu.

Namun, saat ini berbagai game engine canggih banyak beredar dipasaran. Bahkan banyak pula yang free alias gratis, dan ada yang open source. Game enging sendiri adalah merupakan suatu perangkat lunak / software yang dibuat untuk mempermudah dalam pembuatan video game. Pada suatu game engine pada umumnya disediakan berbagai library atau tools-tools yang bermanfaat dalam pembuatan game, seperti tools untuk rendering, library physics, sound, dsb.

Salah satu game engine yang memiliki banyak pengguna adalah Unity. Unity merupakan game engine yang dapat digunakan untuk membuat game dalam berbagai platform. Untuk saat ini platform yang dapat disuport oleh Unity antara lain Windows, Linux, Unity Web, Android, iOS, Flash, dsb. Adapun game-game yang telah dibuat menggunakan Unity dapat dilihat pada link ini. Unity mensuport pembuatan game-game 3D, namun meskipun demikian bukan berarti unity tidak dapat dipakai dalam pembuatan game 2D. Dengan menggunakan berbagai library tertentu dimungkinkan membuat game 2D di Unity.

Logo Unity
Gambar logo Unity

Unity tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi berbayar menyediakan beberapa kelebihan dibandingkan dengan versi gratis seperti efek real time shadow, dan efek air. Perbedaan selengkapnya antara versi gratis dan berbayar dapat dilihat pada link berikut http://unity3d.com/unity/licenses. Saya pribadi menyarankan Anda untuk memakai Unity versi gratis di tahap awal pengembangan game. Namun jika Anda telah mendapatkan omset besar dan ingin memanfaatkan berbagai fitur pada Unity pro maka tidak ada salahnya jika Anda membeli versi pro dari Unity.

Dalam unity disediakan berbagai pilihan bahasa pemrograman untuk mengembangkan game, antara lain JavaScript, C#, dan BooScript. Namun meskipun disediakan tiga bahasa pemrograman, kebanyakan developer menggunakan JavaScript dan C# sebagai bahasa yang digunakan untuk mengembangkan game mereka.

Tampilan Unity
Gambar Screenshot Unity 4


Situs resmi dari unity ada di http://www.unity3d.com dan versi gratis unity dapat di download di http://unity3d.com/unity/download/.

Sumber : Blog pribadi gurusakti

21 comments:

  1. gan cara dapet character kaya gitu gmn ya???saya masih beginer nih tolong ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karakter kayak gitu bisa buat sendiri pake softwre-software 3D semacam blender, 3ds Max, dsb. Kalo saya pribadi lebih suka pake blender karena ringan dan gratis, tapi silahkan klo mau pake yang lain. Ato klo agan cuma mau belajar bisa donlot di blendswap.com. Bagus-bagus dan banyak yang gratis.

      Klo agan masi beginner saya ucapkan selamat memasuki dunia gamedev :)

      Delete
    2. pusing pala gue nih buat karakter di blender :(

      Delete
    3. Hahhaha.. gabisa sehari jadi gan... Butuh belajar dan pengalaman :)

      Delete
  2. web blendswap untuk unity semua tuh????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blendswap bukan untuk unity, tapi web buat blender (.blend). Tapi file .blend ini merupakan file yang disupport oleh unity. Jadi hapir bisa dipastikan yang di share di blendswap itu bisa digunakan di unity. :)

      Delete
    2. gan gue udh buat karakternya terus gmn lagi???sekalian kasih step by step nya..makasih

      Delete
    3. Agan mau bikin game apa ya? Wah panjang banget kalo saya jelasin disini.. Coba diliat-liat sendiri disini
      http://duniadigit.blogspot.com/2013/08/kumpulan-link-tutorial-seputar-game.html

      Delete
    4. gue download di blendswap kok gk bisa???harus login ya????
      tapi pas gue buat akun baru gk bisa di download,,itu kaya gmn??

      Delete
    5. gan karakternya punya lu tuh???Minta donk

      Delete
  3. Replies
    1. Itu mah bukan buatan saya, saya comot gambar di website resminya unity :D

      Delete
  4. lu punya asset gk??minta donk kalau ada :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf gan, saya g punya asset. Saya programmer bukan 3D artist, jadi saya g begitu bisa bikin model-model 3D.

      Delete
  5. gan lu mau gak karakter COD??? nih link nya http://www.mediafire.com/download/vag765ygv6jtfz3/3D+COD+Model+Pack.rar
    tapi kasih tau gua abis itu cara biar bergerak karakter nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. OK... Kalau ada waktu nanti saya buatkan tutorial buat nggerakin karakter sederhana. Sementara agan belajar import karakter dulu disini http://duniadigit.blogspot.com/2013/12/cara-import-model-3d-blend-ke-unity.html

      Delete
  6. gan mau nanya, size dari installer blender itu berapa ya?

    ReplyDelete