Blogging for sharing, sekedar berbagi ilmu dan pengalaman

Analisa Ruang Media Penyimpanan Android Anda dengan Storage Analyzer

September 02, 2013 Posted by Ahmad Saifuddin Azhar No comments
Setiap media penyimpanan selalu memiliki batas maksimal. Namun, seringkali kita kurang memperhatikan dan cenderung lebih sering menyimpan data daripada menghapusnya sehingga pada suatu ketika terdapat kondisi ukuran data mendekati ukuran maksimal penyimpanan dan mengharuskan kita untuk menghapus sebagian data kita. Pada kondisi inilah seringkali kita bingung untuk menfilter dan menentukan data mana yang boleh dihapus dan seberapa besarkah ruang yang yang dibebaskan ketika data tersebut dihapus. Kebingungan ini akan semakin bertambah jika kita kita tidak menerapkan pengelompokan data yang baik sehingga tercampur antara data yang penting dan tidak.

Pada artikel sebelumnya saya telah mereview aplikasi bernama Folder Size untuk menganalisa media penyimpanan pada PC berbasis windows. Adapun artikelnya bisa dibaca disini. Sedikit berbeda dengan sebelumnya, kali ini saya akan mereview aplikasi sejenis namun kali ini aplikasi bukan bekerja pada platform Windows, tapi pada platform Android.Adapun fungsinya kurang lebih adalah sama yaitu menganalisa ukuran setiap file pada ruang penyimpanan dan melakukan rangking dan sorting. Dengan begitu sobat dapat mempertimbangkan bagaimana efek suatu folder terhadap ruang penyimpanan jika folder tersebut dihapus. OK.. Mungkin sobat akan jauh lebih paham jika tahu screenshotnya.

Berikut adalah tampilan utama dari Storage Analyzer. Ketika dibuka aplikasi akan langsung menganalisa ukuran folder dan menampilkan hasilnya seperti pada gambar di bawah.

Tampilan utama storage enalyzer

Folder atau file dapat langsung diselect dan melakukan action seperti delete, cut, dan copy.

Opsi storage analyzer

Secara default program ini akan menganalisa partisi SDCard, namun sebenarnya kita dapat juga memilih partisi mana yang akan di scan. Tapi hati-hati, jangan sampai salah delete yaa... Saya sarankan tidak mengubah file-file system jika tidak benar-benar mengerti apa yang Sobat lakukan.

Partisi yang dapat dipilih

Aplikasi Storage Analyzer ini dapat di download secara gratis di Google Play Store disini.

Mungkin demikian yang dapat saya sampaikan, saya ucapkan terimakasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk berkomentar ya... OK.. Cukup sekian, mohon maaf jika ada kesalahan, tetap semangat dan terus berkarya.. ^^

Baca juga :
Analisa Ruang Media Penyimpanan PC Anda dengan Folder Size


0 comments:

Post a Comment