Blogging for sharing, sekedar berbagi ilmu dan pengalaman

Tutorial Cara Membuat Aplikasi Simple Augmented Reality (AR) di Android Menggunakan Unity dan Vuforia SDK

August 23, 2013 Posted by Ahmad Saifuddin Azhar , 190 comments
Augmented reality (AR), mungkin sebagian dari Sobat sudah banyak yang tahu apa itu augmented reality. Namun saya yakin sebagian besar orang belum tahu apa itu augmented reality mengingat augmented reality sendiri merupakan teknologi yang relatif baru dan sampai pada saat ini masih dilakukan riset untuk menemukan algoritma yang efektif dan efisien.

Augmented reality (AR) dalam bahasa Indonesia 'realitas tertambah' menurut sumber wikipedia.com adalah teknologi yang menggabungkan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Saat ini augmented reality banyak dipakai dalam berbagai media pembelajaran dan game. Berikut adalah contoh video augmented reality yang diterapkan dalam game :

Gambar video EyePet, game yang memanfaatkan teknologi augmented reality

WARNING : Artikel ini menggunakan Unity 4 + Vuforia 4 (versi jadul). Untuk Tutorial AR yang lebih baru klik disini

Dari sekian keterangan mengenai augmented reality pasti sobat yang kreatif mulai terbayang pertanyaan, gimana ya cara buatnya? Ok... Pada artikel kali ini saya akan berbagi sedikit tutorial bagaimana cara membuat simple augmented reality di perangkat mobile, khususnya dalam platform Android. Tanpa berlama-lama langsung saja kita siapkan alat dan bahannya
  1. Device Android lengkap dengan Android SDK dan driver yang sudah diinstall. Pastikan device dapat terkoneksi dengan PC dan dapat dideteksi oleh adb tools dari Android SDK. Bagi yang males install-install driver pada artikel sebelumnya saya telah menulis cara mudah debugging Android di PC via Wifi. Selain tanpa install driver cara ini juga lebih praktis karena media koneksi menggunakan kabel. Jika Sobat tertarik silahkan langsung mampir ke artikel koneksi adb via wifi.
  2. Unity game engine ( versi yang digunakan dalam tutorial ini 4.1.3f3 ) yang sudah terinstall di PC. Kenapa pakai Unity? Bukan Eclipse atau Android Studio? Ya.. Karena setahu saya ini adalah cara termudah untuk membuat simple Augmented reality. Pada artikel ini asumsi saya paling tidak sobat sedikit banyak sudah pernah mencoba tools ini. Jika sobat sama sekali belum tahu apa itu Unity silahkan mampir lagi di artikel tentang pengenalan unity. Sobat belum puas kenalannya sama Unity? Nih saya kasih link-link lagi untuk belajar unity lebih dalam di kumpulan link tutorial gamedev. Unity sendiri memiliki situs resmi di www.unity3d.com dan versi gratis dari unity dapat di download di sini.
  3. Vuforia SDK (versi yang digunakan dalam tutorial ini 2.6.7), yaitu merupakan extension Unity besutan qualcomm yang berfungsi untuk mempermudah kita dalam memproses image dari marker untuk dijadikan dunia AR. Dengan Vuforia SDK kita sebagai developer tidak perlu lagi dipusingkan dengan hitunga rumit image processing untuk membuat aplikasi augmented reality. Situs resmi dari Vuforia SDK dapat dikunjungi di sini dan versi terbaru dari Vuforia SDK sendiri dapat di download di laman situs resminya sini. Namun karena cepatnya perkembangan Vuforia SDK menyebabkan adanya perubahan yang cukup signifikan hampir di setiap versi terbaru. Untuk itu kami menyarankan bagi Sobat yang masih pemula untuk menggunakan Vuforia SDK versi 2.6.7 yaitu versi yang sama dengan yang digunakan pada tutorial ini. Adapun Vuforia 2.6.7 dapat di download di sini
  4. Secangkir kopi panas dan sebungkus cemilan, untuk mengurangi bosan ^_^
Mungkin cukup sekian dulu alat dan bahan yang perlu disediakan, langsun saja kita mulai mebuat aplikasi augmented reality. Berikut adalah langkah langkahnya step by step :

1. Buat project baru
Buka Unity klik File >> New Project >> Tentukan lokasi penyimpanan. Setelah itu pilih File >> Build Settings >> pilih platform Android dan klik Switch Platform.

Switch platform android pada unity
Gambar switch platform Android

2. Konfigurasi proyek
Sebelum menjalankan tahap selanjutnya lakukann konfigurasi proyek. Masi di Build Setting >> klik Player Setting

Konfigurasi proyek pada unity
Gambar Klik player setting untuk masuk ke konfigurasi

Lihat bagian Inspector >> Lihat bagian Resolution & Presentation >> Rubah default orientation ke 'Landscape Left' >> Lihat bagian Other Setting >> Isikan Bundle Identifier dengan nama package (contoh : com.duniadigit.arexample) >> Rubah minimum API Level Android 2.2 (Froyo)

Konfigurasi proyek Android pada unity
Gambar Rubah setting pada Resolution & Other Settings

3. Memasukkan Vuforia SDK ke dalam project
Setelah project baru dibuat langkah selanjutnya adalah memasukkan Vuforia SDK ke dalam project. Caranya cukup mudah, biarkan unity tetap terbuka. Double klik Vuforia SDK yang baru saja Sobat download. 

Import Vuforia AR SDK ke Unity

Setelah di double klik maka akan muncul konfirmasi import di Unity. Centang semua elemen dan klik Import. 

Import Vuforia Augmented Reality SDK di Unity

Setelah berhasil di import maka akan muncul isi dari package Vuforia SDK pada window project.

Hasil Import Vuforia Augmented Reality SDK

4. Konfigurasi AR dan membuat marker Image Target
Untuk memulai membuat AR drag & drop prefab ARCamera dan ImageTarget dari window project ke window scene

Drag and drop AR camera dan Image Target

Klik object ImageTarget pada window scene dan pada inspector klik 'press here for target....'


Setelah diklik mka sobat akan diarahkan ke website Vuforia untuk membuat marker sesuai keinginan sobat. Sebelumnya tentukan dulu seperti apa markernya, kalo dalam tutorial ini saya pake marker seperti gambar di bawah

Marker rumput

Kembali di websitenya Vuforia, disitu sobat akan ditunjukkan projek apa saja yang pernah sobat buat. Untuk membuat project baru klik 'Create database' dan masukkan nama sesuai selera. Pada tutorial ini nama yang dipilih adalah 'AR_Tutorial'

Buat project AR di situs vuforia

Selanjutnya klik Add Target. Jadi intinya, satu buah project, satu buah database bisa jadi memiliki lebih dari satu marker, sesuai dengan kebutuhan sobat.

Buat marker
Imagetarget yang dibuat akan ditampilkan kosong. Klik imagetarget kosong yang baru tersebut untuk mengupload marker sesuai keinginan sobat.

Setelah itu akan ditampilkan form upload marker. Isi sesuai ketentuan dan kebutuhan ya.. Klo selesai klik Add.

Konfigurasi marker

Setelah marker berhasil di upload Vuforia akan mengkalkulasi kelayakan marker. Semakin bertexture dan semakin tinggi contrast marker maka semakin banyak bintang yang didapat, itu berarti semakin bagus pula kualitas marker. Marker yang bagus akan meminimalisir tingkat marker lost yangitu keadaan dimana marker tidak dapat di deteksi.

rating marker untuk proses tracking
Kemudian pilih marker mana saja yang ingin dimasukkan dalam proyek. Ingat... Satu project bisa memiliki lebih dari satu marker, sesuai kebutuhan aja. tinggal centang-centang marker yang diinginkan kemudian klik download selected target.

Mendownload marker
Karena kita menggunakan unity maka download marker sebagi unity extension. Pilih Unity Editor >> klik create.

Download Marker dalam format unity

5. Import marker Image Target  ke dalam project
Seperti import Vuforia SDK pada langkah 3 lakukan double klik pada marker kita yang berupa extension unity .unitypackage

Import marker ke dalam project augmented reality

Selanjutnya lihat kembali Image Target dan lihat pada bagian Inspector. Lakukan konfigurasiseperti pada gambar di bawah

Konfigurasi marker di unity

Setelah Image Target me load marker maka otomatis texture Image Target yang sebelumnya hanya putih akan berubah sesuai texture marker

hasil marker

Jangan lupa melakukan konfigurasi pada ARCamera untuk me load target.

Konfigurasi AR Camera

6. Uji coba proyek
Langkah berikutnya adalah ujicoba, buat objek cube di atas marker. Klik Game Object >> Create Other >> Cube. Selanjutnya posisikan cube sedemikian rupa di atas marker

Buat balok di atas marker

Kamudian simpan scene, klik File >> Save Scenes. Pada project ini scene disimpan di direktori _Scenes >> Main Scenes. Untuk mencompile project sebelumnya harus mengincludekan scene di dalam build settings. Klik File >> Build Settings >> Drag & drop scene ke Build Settings

Drag and drop scene ke dalam build setting

Sebelum proses compile pastikan device Android Sobat sudah dapat dideteksi adb dan siap untuk debugging. Baca kembali Alat dan Bahan poin 1. Kemudian klik Build And Run, tunggu proses selesai, dan lihat Android sobat akan menjalankan aplikasi ini. Arahkan kamera ke marker dan bim salabim... Lihat apa yang terjadi....

Augmented reality box

Lho kok gelap? Ya memang.. Karena memang belum ada cahaya. Mari kita poles sebentar agar lebih terang dan berwarna. Tambahkan texture dan penerangan directional light

Customisasi dengan texture dan cahaya

Selanjutnya lakukan compile ulang dan liha apa yang terjadi...

Hasil augmented reality lebih terang

Hasil augmented reality lebih terang

Akhir kata semoga tutorial ini bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan, kalau ada pertanyaan silahkan di komen aja. Akir kata terima kasih telah membaca dan terus berkarya ^^

PROJECT : http://www.4shared.com/zip/11MLgazi/Simple_AR_Vuforia_SDK.html

Artikel terkait :
Membuat button Touch Screen di Unity dengan GUI Texture
Cara import model 3D .blend di Unity

 

190 comments:

  1. mas,,bagus tutornya,,klo mau pake 2 image target bsa gak ya? trus nnti objectnya bsa bergabung gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas.. Ini blog baru kok.. ^^
      Bisa.. dalam satu scene kasih aja 2 imaga target. Misal ImagetargetA dan ImagetargetB. Kemudian buat object misal KubusA dan KubusB. Taruh aja kubusA jadi child ImagetargetA, KubusB jadi child ImagetargetB. Nanti kalo ImagetargetA terdeteksi maka akan muncul kubusA, kalo ImagetargetB terdeteksi bakal muncul KubusB. Kurang lebih seperti itu...

      Delete
    2. okey mas,,misal kan udah kelihatan 2 marker dengan 2 object,,,trus marker A dan B klo di deaktkan nnti object A dan B bergabung misal jadi bola dan marker B bsa dihilangkan dari kamera,,,sisa marker A dengan object lingkaran,,,kira2 bsa gak klo kasus nya sprti itu? hehe ^_^

      Delete
    3. Bisa banget... Kalo itu sih tergantung gimana scriptingnya. Sebelumnya Agan sudah mengenal sama Software Unity apa belum? Kalau belum harus belajar dulu gimana scriptingnya. Ini saya udah rangkum beberapa link tutorial kok http://duniadigit.blogspot.com/2013/08/kumpulan-link-tutorial-seputar-game.html

      Delete
  2. okeey mas ke TKP
    aq rencana mau membuat sprti ini untuk skripsiq

    https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=CqUd3N4vR3w

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget kok buat kayak gitu.. Semangat ya gan.. Kalo berkenan follow blog ini di twitter yah, @duniadigit . Biar blognya rame.. Hehehee... ^^

      Delete
    2. ok mas udah aq follow,
      mas bsa share scriptnya kayak gmna? :)

      mksih

      Delete
    3. Script apa ya? Kalo script tutorial suda saya share kok... Itu silahkan di download projectnya.. ^_^

      Delete
    4. mas ada pandangan gak, pake script apa supaya bisa mendeteksi atau 2 marker atau 2 objek yang berbeda lagi berdekatan,,, :), mohon bantuannya :)

      Delete
    5. Pake aja Vector3.Distace(marker1.transform.position, marker2.transform.position) untuk menentukan jarak antara marker 1 dan marker 2. Pakai aja treeshold, misal jaraknya kurang dari xxx maka yyy...

      Delete
  3. Mas mau tanya klo unity export ke eclipse gmn caranya? Q mau buat virtual button dengan action yang berbeda di android.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gak tau... Belom pernah denger saya klo unity bs diexport ke eclipse, adanya dari unity langsung build .apk. Maksudnya virtual button gimana ya? Apa kayak yang di artikel saya ini http://duniadigit.blogspot.com/2013/09/membuat-button-touch-screen-di-unity.html

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gatau gan... Segitu panjangnya... Gabisa bayangin saya gan... :D

      Delete
  5. pak, mau tanya nih. kalo project punya saya setelah di build run di android kok layarnya cuma separuh yang tampil. itu solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhooo... Saya dipanggil pak... Jadi malu saya... Belum juga lulus kuliah.. :D

      Mmmm... Saya kurang tahu nih.. Coba screenshotnya di upload ke image hosting aja, terus linknya kasi tahu saya, biar saya tahu gmn solusinya.

      Ato jangan-jangan gara-gara default orientation pada player settingnya. Coba masuk Edit >> Project setting >> Player >> Pilih icon android >> Resolution and Presentation >> Default Orientation >> Pilih Lanscape Left

      Semoga membantu :)

      Delete
    2. saya juga mas, udah nyoba bikin dari awal sesuai tutorial & juga download project yg udah jadi tetep aja cuma kecil gt seperempat layar, landscape tp disebelah kiri....

      Delete
    3. Coba di upload dan di share screenshotnya, kali aja saya bisa bantu... :)

      Delete
    4. Saya juga sudah mencoba dan mengalami hal serupa. Saya sendiri kurang tahu apa masalahnya. Namun kemungkinan terbesar adalah karena versi dari Unity. Terjadi banyak perubahan mulai dari Unity versi 4.3. Saya sarankan untuk menggunakan Unity 4.2x. Silahkan download di arsip Unity, cari aja di google ada kok..

      Delete
  6. wah mantap gan, udah gw coba dan berhasil :D

    btw, kalo samples imageTargets dari Vuforia+Unity yg di Eclipse ada tutorialnya juga gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Terima kasih juga udah ngikuti tutorial saya... Hehehehe... :D
      Kalo di eclipse kebetulan belom nyoba saya... Tapi kenapa susah2 wong ada cara yang lebih gampang di unity.. Toh klo mau bikin yang aneh2 bgt sampe kepepet dan gabisa ditangani oleh Unity nanti bisa pake kelas JNI nya unity, yang mampu nggabungin java native android dengan Unity. Bisa liat disini http://docs.unity3d.com/Documentation/Manual/PluginsForAndroid.html
      Tapi selama ini saya belom pernah menggunakan trik ini, karena emang sejauh pengalaman saya untuk fungsi game dasar sudah bisa ditangani semua sama kelas-kelas yang ada di Unity.. :)

      Delete
  7. mas saya sudah coba tutorialnya sampai jadi .apk
    tetapi pas di tes, sama seperti mas" yang di atas
    1. layar hanya seperempat (defaultnya sudah landscape left )
    2. object ARnya gak muncul ketika di run di android

    untuk ngirim screenshootnya gmana ya mas caranya..?

    saya lagi belajar ttg AR mobile untuk bahan skripsi saya nanti
    mohon bantuannya mas Ahmad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sudah mencoba dan mengalami hal serupa. Saya sendiri kurang tahu apa masalahnya. Namun kemungkinan terbesar adalah karena versi dari Unity. Terjadi banyak perubahan mulai dari Unity versi 4.3. Saya sarankan untuk menggunakan Unity 4.2x. Silahkan download di arsip Unity, cari aja di google ada kok..

      Delete
  8. Gan ane mau tanya kalo mau bikin AR dengan 2 marker gimana ? Ini ane udh buat dalam satu project ada 2 scene, kok scene yang kedua gk bisa muncul objectnya hehehe :D

    mohon bantuannya gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal bikin dua marker aja... Ada kok di sample project nya... :)

      Delete
  9. makasih mas tutorialnya
    pas hp ane deketin ke marker keluar kotak di tengah2, tapi pas kameranya ane alihkan ke tempat laen kotaknya ga ilang , pas ane ke marker lagi keluar lagi kotaknya di tengah2 marker

    itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh... itu obyeknya harusnya ada di child-nya image target. Baca lagi step 6, gambar pertama. Semoga membantu :)

      Delete
  10. mas, link kumpulan projectnya kok g ada lagi yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok... Klik aja link-nya, nanti masuk ka adfly, lihat pojok kanan atas. Disitu suruh nuggu beberapa detik, kemudian klik 'Skip Ad', nanti akan di redirect ke 4shared. Makasih sudah mendownload.. :)

      Delete
  11. Makasih deh... Wah.. Bagus banget deh.. Lebih bagus kalo dikasi step by step cara buatnya. Nanti kalo boleh saya repost di blog ini. Hehehehe... :D

    ReplyDelete
  12. mas kalo gak punya hape amdroid gimana? wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyilih lah, lak g enek silihan berdo'a tengah malam sampe enek HP jatuh dari langit. ^^

      Delete
  13. kalo image targetnya dihilangin di belakang objek bisa ga sih? maksudnya, jadi kan pas ngarahin kamera ke marker muncul objek di atas markernya, nah bisa ga sih markernya ga ditapilin pas objek muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmmm... ya gabisa, gimana ngilangin markernya. Wong markernya ditangkap kamera...

      Delete
  14. gan kalo supaya bisa mengenali 4 marker dalam stu aplikasi gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau pasti gimana caranya, karena saya sendiri juga tidak terlalu mengikuti perkembangan Vuforia ini. Namun di vuforia terbaru bakan memungkinkan untuk menggunakan lebih dari 100 marker dalam 1 aplikasi, yaitu dengan sistem cloud. Kalo cara termudah menggunakan 4 marker coba untuk dibuat 4 image target dalam 1 scene. Di sample projectnya vuforia ada kok. Tinggal nyontek aja..

      Delete
  15. Build Setting >> klik Player Setting

    waktu sya klik player setting koq muncul error
    Failed to find:metroEnableLowLatencyPresentationAPI
    UnityEditor.PlayerSettingsEditor:OnEnable()

    ada solusinya mas.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... belom pernah mengalami masalah seperti itu saya :)

      Delete
  16. mas, ketika semua step tlh dijalankan dengan baik, pas ketika build and run, kan muncul tu kotaldialog untuk menyimpan *.apk nya, lalu sya simpan ke folder projectnyya...lalu prosesnya kn jalan tu, ketika progresbarnya dah samapai setengah, muncul kotak dialog lagi, untuk menyimpan yg di bagian select folder nya tertulis "android-sdk-windows". nah sya bingung mas, folder itu lokasinya dimana??, sya coba buat foldernya eh, gk mau juga,, malah muncul lagi kotak dialog yg sama. gmn solusinya mas...?
    ini saya sertakan link gambarnya mas:
    http://www.mediafire.com/view/exeiqbp1c483v7l/1.png

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh... Itu gini.. Jadi klo mau build apk android harus terlebih dahulu install android-sdk, sama kayak klo mau bikin aplikasi android di eclipse, kan harus install android-sdk dulu. Nah.. Klo udah di instal buka unity, klik edit >> preferences >> External tools >> Android SDK Location >> tentukan lokasi install android-sdk. Secara default klo windows biasanya ada di C:/Program Files/android-sdk-windows.

      Semoga bermanfaat :)

      Delete
    2. makasih gan, pas di built & run berhasil dengan cara ini.
      tapi .apk yg jadi gak bisa di install / di uji cobakan di hp android (hp android yg ane gunakan OS gingerbead). , gak bisa di instal katanya pas dibuka apk nya. gimana gan agar works di hp ????
      makasih sebelumnya, keren tutor AR nya :D

      Delete
    3. Kalo boleh tau type HP nya apa ya gan? Dari dokumentasinya Vuforia itu yang di support minimal processor ARM7, ato klo mau ngira2 ya kurang lebih 1GHz ke atas lah. Mungkin gara2 itu g supportnya.. :)

      Delete
  17. samsung lama gan ( Samsung Galaxy Y S5360 ) , kayaknya iya, spek tuk proci nya ane browsing 830 MHz ARMv6 :( .
    Boleh request gak gan, bikin tutorialnya untuk ngerun AR ini tanpa device hp android , misalnya pake emulator atau kamera laptop gitu ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya tuh.. Emang processornya yang g support..
      Wah.. maaf gan, saya belom pernah nge run AR pake emulator. Klo kamera laptop ada yang bilang emang g support gan untuk Vuforia.. :)

      Delete
    2. hahhaaa, iya gan, it works, saya coba di hape temen.....
      makasih gan tutor dan respon dari pertanyaan saya :)
      di tunggu tutor2 unity lainya gan XD

      Delete
    3. Hahaha.. Makasi juga gan udah baca blog saya.. Selamat atas keberhasilannya.. :D

      Delete
  18. Gan, mau tanya, gimana caranya move 2 object yang berbeda, tapi dengan 1 tombol.
    Bagaimana kondisi "if"nya..? makasi gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sepertinya agan masih bener2 dasar... Susah kalo saya jelasin dari awal... Silahkan diikuti tutorial ini aja, http://duniadigit.blogspot.com/2013/08/kumpulan-link-tutorial-seputar-game.html
      Silahkan diikuti salah satu tutorial di bagian 'Unity Basic'. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  19. hay brother mau numapng tanya lagi.
    sorry agak panjang saya ingin membuat apk ar di unity + vuforia. dalam gui nya saya ingin mem buat cara menggunakkan apk ar tersebut karena ar masih termasuk baru populer. untuk menggunakan apk ar pastinya user harus mempunyai marker yg sudah develop buat untuk menampilkan obj ar. bgaimna solusinya agar user bisa mendaptkan marker tersebut apakah di sertakan kedalam apk, dan dalam hal ini pasti marker harus di print dahulu oleh user. bgaimana membuat gui print tsb?? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saran saya sih kejauhan mikirnya. Lagian masa mau ngeprint via HP, tambah susah kan?

      Saran saya ya.. Agan harus punya web hosting, cari gratisan aja klo mau. Nah tinggal di unitynya kasi petunjuk, yang intinya dapatkan markernya di www.blablabla.com. Kalo bisa tulisan www.blablabla.com itu berupa link, yang bisa di klik user. Cara buat link di unity saya belom pernah nyoba, silakan cari aja di google.

      Delete
  20. cara install ADB tolls gimana ya bro? atau mendeteksi PC sudah terinstall ADB Tools sehingga Divice sudah bisa terhubung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat lebih lanjut di developer.android.com, ada step install. Mudah, tinggal extract dan jalankan.

      Delete
  21. Maaf mas, saya udah ikutin tutorial diatas dan berhasil. objeknya keluar jika diarahkan ke marker. masalahnya tampilan kameranya kok cuma setengah layar android saya mas ? itu kenapa ya ?

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Versinya.. Coba download unity terbaru + Vuforia terbaru, mungkin bisa. Kalo tutorial yang saya tulis ini pake Vuforia 2.6.7 dan Unity 4.2. Setahu saya kalo Vuforia 2.6.7 dipasangkan sama Unity 4.3 hasilnya jadi setengah layar. CMIIW :)

      Delete
  22. makasi buat fast response nyaa.

    sy udah download yg vuforia 2.8.7
    sy mau nanya lagi, cara meng-importkan vuforia yg 2.8.7 itu gimana ? gak sama dg vuforia yg 2.6.7 ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. Sama-sama... Asal ada internet kenceng saya selalu berusaha fast response kok.. :)

      Wah mohon maaf saya belum pernah make yang 2.8.7. Kalo ekstensinya .unitypackage ya mestinya sama, tinggal double click. Memangnya apa ekstensi nya?

      Delete
    2. sya udah dapat yg ekstensinya unitypackage dan udah berhasil ngikutin tutorial diatas. hehe
      caranya sama aja ternyata..

      boleh request tutorial gak ? buat bikin virtual button itu gimana ?

      Delete
    3. gan, ketika saya import vuforia-unity-android-ios-2-6-7.unitypackage muncul pesan peringatan yg seperti gambar yg sudah ane cantumkan di link ini gan http://www.mediafire.com/view/bdlb7ha595l97gy/import.png

      Delete
    4. @Reni : Virtual Button yang gimana maksudnya?
      @Hasan : Itu setahu saya maksudnya fungsi yang ada di warning akan dihilangkan oleh unity pada beberapa versi berikutnya, dan biasanya disertakan fungsi pengganti. Contoh : GameObject.active is obsolete. Use GameObject.SetActive(). Nah disitu GameObject.active pada beberapa versi unity berikutnya akan dihilangkan dan diganti dengan GameObject.SetActive(). Jadi disarankan Anda menggunakan fungsi yang baru agar project Anda dapat di support oleh unity versi berikutnya. CMIIW :)

      Delete
    5. boleh minta link download vuforia sdk 2.8.7 ? :)

      Delete
    6. Wah kalau versi 2.8.7 saya gak punya. Coba download di situs resmi vuforia aja kali aja ada

      Delete
  23. Assalamu'alaikum... Om admin, sya kesulitan buat virtualbutton nih di unity, Om admin punya tutorialnya gak ? tlong bantu sya Om admin... please...

    ReplyDelete
  24. virtual button seperti disini http://www.youtube.com/watch?v=SxhO4oKwLSo

    katanya itu pake eclipse. kalau unity bisa gak dbikin gtu ? thanks

    ReplyDelete
  25. mau tanya gan, di unity + vuforia bisa nambahin file berformat suara ga yah?
    kebetulan TA saya juga ttg AR di android.

    ReplyDelete
  26. mas saya mau nanya dong. kan saat pertama coba bikin ketika mau masukin marker kita mengklik button dan akan diarahkan ke website vuforia untuk membuat marker. nah ketika saya sudah behasil lalu ingin membuat marker yang berbeda, saya harus menuju website vuforianya secara manual dengan mengetikkan alamatnya di web browser

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu makasih mas.
      oiya nanya satu lagi dong ehehe
      saya kan nyoba membuat 2 marker dengan cara memasukkan 2 imagetarget. nah itu 2 marker dan 2 objek tersebut jadi timpa menimpa ya mas? jadi ribet liatnya apalagi kalo lebih dari 2 marker mas.
      apakah ada solusi biar ketika saya ingin membuat marker yang kedua, marker yg pertama bisa di hide dulu atau diapain sehingga tidak terlihat untuk sementara?
      terima kasih mas. sori ngerepotin hehe

      Delete
    2. Lihat di bagian hierarchy, objectnya jadikan childnya marker, coba liat gambar ini http://i1314.photobucket.com/albums/t579/saifuddinazhar/Duniadigit%20Blog/Tutorial%20AR%20di%20Android%20Unity%20Vuforia/20_zps395774a8.png~original

      Delete
  27. Numpang nanya mas, itu markernya kan dibacanya di laptop ya? kalo di print markernya bisa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bisa lah.. Lagian masa HP nya ngerti itu marker di print ato nggak, pokoknya keliatan ya bisa di proses :D

      Delete
  28. bisa import gambar 3d dari 3dmax kaga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. import asset trus pilih file .max nya

      Delete
    2. Nah sip.. itu sudah dibalas sama GUNARBOY :)

      Delete
  29. permisi mas saya mau nanya lagi nih ehehe
    kalo mau buat interface menu di android nya pake unity gimana ya?
    ada tutorial untuk scriptingnya ga mas?

    jadi saya rencananya awalnya kita bisa pilih objek. satu marker tapi bisa dipake beberapa objek. jadi misalkan saya pada menu awalnya memilih robot nah nanti objek yg keluar robot, trus jika saya memilih mobil pada menu utama, objek yg akan keluar adalah mobil. dan untuk memunculkan objek2 tersebut menggunakan marker yg sama

    oiya link yg buat belajar unity itu ga bisa mas hehe
    mohon bantuannya ya mas
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tutorial membuat button ada disini
      http://duniadigit.blogspot.com/2013/09/membuat-button-touch-screen-di-unity.html

      Untuk mengganti obyek lumayan panjang sih scriptnya. Coba belajar instantiate dan destroy object di unity

      Delete
    2. oke mas. makasih masukannya ya hehe

      Delete
  30. mas mau nanya lagi dong. bisa ga kalo camera ar nya terbuka nya setelah menekan button?

    jadi aplikasinya itu awalnya ada menu. nah ketika saya klik button "play" akan terbuka jendela camera ar nya mas
    bisa kah?

    terima kasih mas

    ReplyDelete
  31. Om, kak, mas, mau tanya nih.... Kan ane udah jadi rancang 3D_nya, truus
    di built & run, tapi pas di play cuma opening logo Unity3D aja, itu kenapa ya ??? klo ada yang tau kasih tau dong... bingung nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kenapa yah... Saya g tau kalo gak liat sendiri kasusnya. Usahakan versi vuforia + unity nya sama dengan yang ada di tutorial ini

      Delete
  32. mas itu yang scripting touch scrren button nya di file baru atau di file "touch sceen button"?

    untuk melakukan panggilan scene ketika button ditekan, script "Application.LoadLeve()" nya ditaruh dibagian //do something here kan mas?

    ReplyDelete
  33. gan, tau scrript buat
    button rotasi, zoom in/out ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rotasi : transform.rotate
      Zoom in / out ini tergantung. Kalau AR ya tinggal di deketin kameranya kan zoom in namanya. Ato bisa ngatur di camera size nya. Saya agak lupa kalo kamera type perspective (3D), tapi untuk yang orthographic (2D) bisa pake Camera.main.orthoraphicSize = xx

      Delete
  34. misi mas mau nanya, saya kan mau buat aplikasi AR dengan 6 marker itu bisa ga ya ? cara nambahin markernya gimana ya ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf atas lamanya respon. Bisa buat lebih dari satu marker. Untuk caranya yang paling simple buat aja 1 scene dikasi 6 object marker. Kalo yang mau ribet katanya vuforia sudah bisa fitur cloud. Jadi markernya online.

      Delete
  35. mas mau nanya dong, cara memasukkan suara pada animasi di frame tertentu gimana ya? terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu bisa bikin animation event. intinya seperti ini, kamu buat animasi >> pada frame yang kamu inginkan kasih event >> event dipakai untuk memanggil method tertentu, misal OnFrame10 >> Nanti di method OnFrame10 itu kamu play sound nya.

      ini referensi tentang animation event nya.
      http://docs.unity3d.com/420/Documentation/Components/animeditor-AnimationEvents.html

      dan ini referensi tentang play sound nya
      http://docs.unity3d.com/ScriptReference/AudioSource.PlayOneShot.html

      Delete
    2. makasih mas, tapi saya bingung di codingannya. Ini codingan saya seperti di link yg mas kasih tapi masih error...

      using UnityEngine;
      using System.Collections;

      [RequireComponent(typeof(AudioSource))]

      public class sound : MonoBehaviour {


      public AudioClip impact;
      void onFrame30(){
      audio.PlayOneShot(impact, 0.7F);
      }


      }

      Delete
    3. Sory atas lamanya respon..
      itu errornya dimana ya? Coba kamu kasih screenshotnya...
      Harusnya sih dah bener...

      Delete
  36. maaf mas mau tanya,,unity yang mas pakai pro??
    coz waktu saya edit kamera ada peringatan "This plugin is only supported in Unity Pro!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh... lupa saya... pokoknya itu ada yang centangnya diilangin di bagian camera biar g ada warning gitu. Saya lupa sih, soalnya saya cuma beberapa kali main AR

      Delete
    2. owh berarti pake yang free bisa y mas??

      Delete
  37. mas saya mau tanya dong kalo cara buat tombol link di unity seperti di tampilan menu utama game counter strike/point blank gimana ya ? scriptnya apa ya ? makasih sebelumnya mas, blognya bagus and berguna banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kamu baca disini..
      http://duniadigit.blogspot.com/2013/09/membuat-button-touch-screen-di-unity.html
      Itu buat touch screen yang mendeteksi mouse. Kalau kamu pengen buat dengan input mouse kamu ganti sendiri inputnya. Kamu pelajari Input.GetMouseButton(), Input.mousePosition, dsb

      Delete
  38. mas untuk TA saya disuruh buat light mapping seperti ini https://www.youtube.com/watch?v=tNyc9h22lvU kira kira bagaimana ya cara buatnya kalo boleh tanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sory saya pending dulu jawabnya. Lagi pake koneksi wifi yang speed buka youtubenya di limit. Hahahahaha... :D
      Kamu message FB saya aja...
      http://www.facebook.com/ahmad.s.azhar

      Delete
  39. Mas nanya dong, saya kan mau masukin sound ke virtual button, tapi sound nya akan bunyi kalo virtual button nya di press, itu script nya gimana ya?terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama akmu udah berhasil belum bikin virtual buttonnya? Sayangnya saya belum punya waktu untuk bikin tutorial virtual button.

      Untuk sound kamu bisa pake scritp audio.PlayOneShot

      coba kamu googling aja

      Delete
  40. mas saya udah ikutin tutor mas dari awal, tapi kenapa pas mau tak build malah minta roid-sdk-windows mulu ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama install android SDK dulu. Baru setelah itu buka unity, klik edit >> preference >> external >> pada android SDK location pilih lokasi SDK yang baru diinstall tadi

      Delete
  41. gan, ane mau nanya, kalo ane mau mainin game Augmented Reality android Di PC pake apa ya? kalo bluestack ane coba dah ane coba, n gak bisa, apakah pake software lain, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gatau... Lebih enak pake langsung aja di devicenya. Jaman sekarang modal 500 rb aja uda bisa beli android... Hahahaha... :D

      Delete
  42. mas azhar, saya mau tanya, saya kan membuat marker logonya PENS dengan background putih, format *.jpg (karena saya coba upload image *.png tidak pernah berhasil utk jadi marker).



    kemudian memberi obyek cube diatas marker logo PENS. sudah berhasil.



    setelah itu, saya coba aplikasinya untuk deteksi logo PENS dengan background putih, berhasil mas, keluar obyek cube-nya.
    Akan tetapi, ketika mendeteksi logo PENS dengan background transparan, tidak berhasil, mas ?
    bisa kah membantu saya untuk memaksimalkan marker tersebut, mas ?

    terima kasih sebelumnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membuat marker sama vuforianya sudah dikasi guide, diantaranya menggunakan warna-warna kontras, memperkaya texture, dsb. Bisa dibaca di dokumentasi vuforia. Dan ketika upload marker akan diberi rating yang menggambarkan kelayakan marker. Kalo background transparant kemungkinan ratingnya kecil sehingga susah dideteksi.

      Untuk mekanisme deteksinya udah paten bawaanya Vuforia. Kita g bisa ngutek2 lagi. Jadi ya harus pintar2 cari motif marker biar hasilnya bagus :)

      Delete
  43. gan kalo spek hp selain armv7 gimana ya caranya biar support?

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAh gatau gan.. soalnya itu sudah bawaanya vuforia, dan di built dalam bentuk binary .dll. JAdi kemungkinan gak bisa di edit-edit dengan mudah.

      Delete
  44. gan kalo mau masukin objek yang udah saya punya dan gak masukin objek kubus kaya punya agan gimana caranya ? saya udh punya objek 3d dan sudah ada animasi berputar dari 3dsmax, supaaya animasinya tetep jalan yang diimport file .3ds atau format lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAlo .3ds bisa cuman saya kurang begitu ngerti cara masukinnya gimana. Kalo .blend sudah saya tuliis di blog ini. Kamu search aja di blog ini dengan keyword 'import model 3D .blend unity'

      Delete
  45. mas mau nanya saya kan pengen bikin augmented reality tapi objeknya bukan kubus ,bola, ane pengeg buat objeck nya video ane nembak cewe lewat AR.. ane pernab liat di yutub tutorialnya tapi ane cari ga ada kira2 klo pake tutor di atas bisa ga ya atau ada yg di ganti caranya.. thanks

    ReplyDelete
  46. mas gambar tutorialnya kok ngak kluar.
    mohon bantuannya soalnya lagi blajar nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gara2 pake photobucket.. Dlu katanya free, kadung saya pakek buat image hosting ternyata suru bayar -_-'

      Delete
  47. Wah bagus juga untuk pemula, keren tutornya..

    kunjungi juga blog saya

    http://blog.microtrafh.com/ atau http://microtrafh.com/

    good luck :)

    ReplyDelete
  48. bro knp bukak appnya knp malah gelap cameranya?
    tolong masukanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan step by stepnya g ada yang terlewat.. Klo g bisa kemungkinan versi unity dan vuforia nya g match. Coba ganti versi lain. Soalnya ada beberapa kasus di komen-komen di atas kalo kameranya cuma terlihat setengah alias kecil g full screen. Setelah saya telusuri ternyata emang versi Vuforia dan Unity nya gak match

      Delete
  49. gan, disini kan turorial nya di build ke apk, buat di jalanin pake android.
    kalo di build ke exe lsg ngclose sendiri aplikasi nya.
    ada tutorial di export ke swf atau exe ga biar work?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk vuforia SDK hanya suport untuk mobile. Kalau mau bikin yang desktop mungkin bisa cari2 plugin lain :)

      Delete
    2. nggak punya Rekomen Min buat Plugin yang lain?

      Delete
  50. Gan numpang nanya... Lw yg muncul berupa animasi 3D kira2 bisa ga gan??... misal. Kubus x mutar2...mohon bantuan x gan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok.. Coba klik window >> animation. Kemudian buat animasi disitu

      Delete
  51. Gan numpang nanya... Lw yg muncul berupa animasi 3D kira2 bisa ga gan??... misal. Kubus x mutar2...mohon bantuan x gan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa... model 3D bisa dibuat di blender, 3dsmax, dsb. Ini tutorial import dr blender http://duniadigit.blogspot.com/2013/12/cara-import-model-3d-blend-ke-unity.html

      Delete
  52. kayaknya rumit ya?
    guruhp.com

    ReplyDelete
  53. min,,, mau nanyak,,, knp gak bisa login ke sini:
    https://developer.vuforia.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tahu saya, coba langsung hubungi support dari vuforia :)

      Delete
  54. Siang mas, kalo pake unity 4.5 kok munculnya sebagian ya kameranya.. gimana masalahnya tuh n kalo cuma pke ARCamera gg mw muncul harus pke Main camera juga. jadi bingung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah mengalami seperti itu. Setelah saya telusuri ternyata ada ketidak cocokan antara versi unity dengan vuforia nya. coba cari unity versi lainya

      Delete
  55. Gan mau tanya itu maksudnya child itu gimana. Kok modelnya tetep keliatan walaupun gak diarahin ke marker. Sorry ya gan masih belum paham

    ReplyDelete
  56. mas saya mau nanya menbuat ar menampilkan konten video..terimakasih saya masih newbie..mohon di bantu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang sekali saya belom pernah mencoba. Coba cari tutorial lain di youtube barangkali ketemu :)

      Delete
  57. kalo caranya insert audio pas ketika object ar nya muncul gemana caranya ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsepnya adalah dengan menggunakan audio source dan audio listener. Audio source adalah sumber suara. Ini bisa di leteakkan pada obyek yang akan diberi suara seperti model 3D dsb. AudioListener ibarat telinga. Biasanya di letakkan pada main camera, meskipun tidak selalu.
      http://docs.unity3d.com/Manual/class-AudioSource.html
      http://docs.unity3d.com/Manual/class-AudioListener.html

      Delete
  58. mau tanya dong
    aku marker udh ada, unity pake yg 4.2, vuforia sdk 3.0.9, android sdk juga sudh ada

    trus aku nyoba bikin sih bisa tapi kenapa setiap di coba di smart phone selalu force close kenapa ya??
    udh nyoba berkali-kali tetep aja gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak kemungkinan, saya tidak dapat memastikan. Coba di share screenshot log cat nya :)

      Delete
  59. Mas mau nanya kalo bikin yang kayak gini https://www.youtube.com/watch?v=g4kaGskYHpQ menurut mas tingkat kesulitannya gimana?
    jadi dia dalam satu marker terdapat 1 objek tapi objek tersebut ketika di klik bisa keliatan komponen-komponen yang ada di dalam objek tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari segi programming saya pikir cukup mudah. Tingkat kesulitanya membuat obyeknya karena harus menguasai software pembuat model 3D seperti blender atau 3dsmax.

      Delete
  60. Assalam....
    ijin tag ya...
    terimakasih

    ReplyDelete
  61. gan tambah suara gimana yah ? ada tutorialnya gak ? maklum msh newbe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari di komentar di atas, sudah ada yang tanya dan sudah saya jawab :)

      Delete
  62. mas boleh minta kontaknya ga ? mau nanya nanya nih tentang AR. ribet kalo disini mah. sekalian mau ngirim screenshotan soalnya. susah dijelasinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Silahkan message saya di FB
      https://www.facebook.com/ahmad.s.azhar

      Delete
  63. mas saya mau nanya beda'a AR android sma AR IOS itu apa ya ? apa script'a beda apa gmana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Android kan untuk device dengan OS android seperti kebanyakan handphone samsung galaxy, sony xperia, dsb. Sedang iOS dipakai oleh device buatan apple seperti iPhone dan iPad. Adapun pemrogramanya dengan unity tidak terlalu berbeda jauh. Setting platform dapat dilakukan di file >> build settings

      Delete
  64. PAS INSTALL DI ANDROID, KOK GAK FULL RESOLUSINYA KENAPA YA?

    ReplyDelete
  65. mas kalau mau rubah boxnya jadi hanya png gmn?

    ReplyDelete
  66. bro, kalo gambar buat nampilin AR nya di PRINT. apakah akan muncul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget.. Justru sebenarnya di print, tapi karena saya males ngeprint saya pake monitor aja. Hahaha... :v

      Delete
  67. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  68. Mas mau Tanya, bagaimana cara membuat beberapa scene AR dalam 1apk?

    ReplyDelete
  69. bapak ibu yang terhormat
    saya memerlukan bantuan saudara
    saya ingin membuat planet saya rotate , dan setelah di masukan script
    dan semua sudah setel BUMI saya berhasil rotate
    tetapi Planet MARS saya tidak bisa rotate
    dan setelah di cek semua script sama, mohon saudara dapat membantu saya
    blh kirim ke e-mail saya jelvinxz@yahoo.com
    terimakasih banyak

    ReplyDelete
  70. Punten mas, ini kalo udah di build and run kan ntar ada scene yg di build kan di device. Tapi pas dibuka malah seperti camera mas. Itu gimana ya mas ? makasih

    ReplyDelete
  71. Salam kenal, Saya udah ngikuti tutor diatas tapi kok kamerannya blank ya?
    gmn solusinya? Trims

    ReplyDelete
  72. Gan donwload SDK androidnya d mana?
    trus brapa file sizenya kira kira?

    ReplyDelete
  73. gan mau tanya , jadi saya sudah berhasil bikin dan instal tapi pas dibuka aplikasinya camera nya ga run gan jadi cuma blank hitam doang tetapi kalo kita arahin marker hpnya keluar objectnya , tau gan kenapa ?

    ReplyDelete
  74. Mas aku mau nanya, aku udh ngikutin cara mas, tapi kok ga keluar ya objek 3dnya? Yang jdi markernya gambar yg saya tentuin jdi marker di vuforia kan? Bukan harus download gambar saya lagi dri vuforia? Soalnya pas saya download yang ada hanya package marker unitynya saja. Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Markernya kamu bikin sendiri, bukan bawaan vuforia. Kamu bisa mendesain marker sesuai keinginan kamu.. Yang perlu diperhatikan ketika upload marker vuforia akan memberikan rating (berupa bintang). Semakin banyak bintang maka semakin mudah terdeteksi. Jadi pastikan marker kamu memiliki rating minimal 3 agar mudah dideteksi

      Delete
  75. mas saya gagal pada tahap : Klik object ImageTarget pada window scene dan pada inspector klik 'press here for target....

    tolong dibantu ya mas, saya masih baru

    ReplyDelete
  76. kalo mau buat marker sendiri bisa ngga bro??

    ReplyDelete
  77. gan mau tnya kira" solusinya apa buat objek yg g mau ngikutin gerakan markernya. trus gmn y cranya biar ktka objek muncul suaranya jg mncul, mhon share video tutornya donk.. urgent!!!

    ReplyDelete
  78. Mas Ahmad Saifuddin Azhar
    Sy ica mahasiswa pertanian. Sy pny project buat AR, ada 2 project. mungkin mas nya tertarik bergabung. Sistem bagi hasil atau outsourc bs dibicarakan lbh lanjut. Jika tertarik bs hub sy di nbariro@gmail.com atau WA ke 085780075180
    Karena sy jarang online. Thz

    ReplyDelete
  79. mas... saya mau nanya...pada saat build and run kok komen nya "no android device found"
    "make sure usb debugging has been enabled"
    itu kenapa ya?
    mohon informasi nya mas ahmad

    ReplyDelete
  80. saya menemukan ini mas . .. Background Camera Video . . .saat menjalan kan aplikasi . . .tolong di bantu mas . . .
    saya pakai unity3d versi 4.3 dan vuvoria 5
    tolong jawab ke email saya ya mas
    rianfartawijaya@gmail.com

    ReplyDelete
  81. Gan gima ya caranya agara saat objek ar di zoom dan kamera agar tidak bisa nembus objek ???

    ReplyDelete
  82. mas mau tanya, saya ke build setting kok platform androidnya gk bisa dipilih ya?(note:switch platform, player setting, build, build amd run pada platform android abu2)

    di preferences gk ada tulisan android. saya pake unity terbaru

    ReplyDelete
  83. Mas permisi, saya baru mengenal program ini, jd saya gak tau harus memulai dr mana mas, kalo boleh minta bantuan nya ya mas, saya harus memulai dr mana untuk menjalankan program ini.
    Dan juga untuk gambar animasinya, apakah gambarnya sudah harus dalam bentuk gambar animasi yg sudah di edit menggunakan corel ??
    Trimakasih mas

    ReplyDelete
  84. Mas permisi, saya baru mengenal program ini, jd saya gak tau harus memulai dr mana mas, kalo boleh minta bantuan nya ya mas, saya harus memulai dr mana untuk menjalankan program ini.
    Dan juga untuk gambar animasinya, apakah gambarnya sudah harus dalam bentuk gambar animasi yg sudah di edit menggunakan corel ??
    Trimakasih mas

    ReplyDelete
  85. mas kok objeknya muncul sendiri, padahal gx diarahan ke marker ?

    ReplyDelete
  86. mas,kok pas di jalanin di android setelah logo unity ada tulisan error,kenapa yah?

    ReplyDelete
  87. mas kalo misal objek 3d nya ada 7 ni buat tombol Next next di AR nya gimana.. jd biar 1 marker bisa di next dr objek 1 ke objek 2 dst

    ReplyDelete
  88. mas kalo misal objek 3d nya ada 7 ni buat tombol Next next di AR nya gimana.. jd biar 1 marker bisa di next dr objek 1 ke objek 2 dst

    ReplyDelete
  89. mo tanya kalo bikin augmented pk markerless buat di luar gedung / di maal gmn caranya..thx ya

    ReplyDelete
  90. Om, saya punya masalah pada projek AR yg saya buat. Ketika build and setting selesai, aplikasi berjalan namun kamera tidak terbuka dan ada notif "could not initializ the tracker" dan ada notif "loaddataset debug.error" mohon dibantu Om

    ReplyDelete
  91. Mas bisa nggak kalo koordinat dibuat sebagai marker ?

    ReplyDelete
  92. masa kenapa setelah saya jadiin apk, trus saya instal di hp android kamera arnya gk muncul yg muncul hanya kameranya gelap. saya mohon bantuanya

    ReplyDelete
  93. mas kenapa setelah saya jadiin apk dan saya instal di hp android saya kamera arnya tidak nampil, ar kamernya hanya layar gelap yg muncul mohon bantuannya

    ReplyDelete
  94. bang, boleh tanya, saya sudah ikutin tutorialnya, cuman pas lagi export ke APK muncul "Select Android SDK root Folder" itu maksudnya apa ya? mohon bantuannya, untuk skripsi nih bang..

    ReplyDelete
  95. mas untuk menentukan jarak marker dengan kamera bisa lebih dari 2 meter ga?

    ReplyDelete
  96. gan punya saya tidak nampak marker di "image target Behavour". suda masuk ke vuforia dan buat data base dan add target. tetap tidak bisa.

    mohon bantuannya GAN.

    ReplyDelete
  97. Mas mau tanya untuk tutorial face tracking AR ada gak ?

    ReplyDelete
  98. mas saya mau tanya kalau cara menampilkan bola tepat di depan layar android di unity gimana saya mau bikin gam basket

    ReplyDelete
  99. Kalau buatnya di android studio gimana?

    ReplyDelete
  100. Kalau buatnya di android studio gimana

    ReplyDelete
  101. Thank you for nice information
    Visit our website : https://journal.uhamka.ac.id/index.php/rektek/index

    ReplyDelete