Blogging for sharing, sekedar berbagi ilmu dan pengalaman

Extension Unity Sering Digunakan (Menurut Saya)

August 31, 2013 Posted by Ahmad Saifuddin Azhar No comments

Unity merupakan tools serba bisa untuk mengembangkan game. Unity dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis game antara lain Role Playing Game (RPG), First Person Shooter (FPS), Racing, dsb. Dalam Unitypun sudah didukung berbagai library atau tools yang cukup ampuh unutuk mendukung pembuatan game. Sebut saja component physics NVidia Phisx secara default akan disematkan di dalam Unity untuk mempermudah mengaplikasikan hukum-hukum fisika pada sebuah object. Selain itu di dalam Unity juga disematkan berbagai tools lain yang amat sangat membantu dalam pembuatan game seperti Character Controller, Pathfinding, Lighting, Sound, dan masih banyak tools-tools lain yang dapat dimanfaatkan.

Dengan segala bentuk kesaktiannya bukan berarti Unity dapat melakukan segala hal. Masih ada banyak hal yang tidak dapat dilakukan di Unity, sehingga seorang programmer harus membuatnya dari awal dengan tools-tools yang tersedia. Sebut saja 2D sprite manager, Unity (sampai versi Unity 4) setahu saya belum memberikan fitur untuk menjalankan sprite 2D di enginenya. Oleh karena itu seorang programmer harus bersusah payah untuk membuat sprite manager agar dapat membuat game 2D di Unity. 

Dari keterbatasan di atas untungnya unity menyediakan fitur package dalam exstensi .unitypackage yang memungkinkan seorang pengembang pihak ketiga membuat sebuah project library tambahan untuk meningkatkan kesaktian engine ini. Mungkin cukup dulu basa basinya, dan berikut adalah beberapa lib yang menurut saya sangat bermanfaat untuk mengembangkan game :
 
Augmented reality (realitas tertambah)
Vuforia SDK (free) >> https://www.vuforia.com/ >> Tutorial disini

2D Sprite Manager (tools untuk membuat sprite dalam mengembangkan game 2D)
Orthello (free & berbayar) >> http://www.wyrmtale.com/orthello/ >> Tutorial disini
2DToolkit (berbayar) >> http://www.unikronsoftware.com/2dtoolkit/

Path Finding (mencari rute jalan)
Arongranberg (Metode A*, free & berbayar) >> http://www.arongranberg.com/ >> Tutorial disini

Mungkin sekian yang dapat saya berikan.. Semoga bermanfaat. Jika ada tambahan silahkan comment yah… Terus berkarya dan terima kasih ^^

0 comments:

Post a Comment