Blogging for sharing, sekedar berbagi ilmu dan pengalaman

Analisa Ruang Media Penyimpanan PC Anda dengan Folder Size

August 25, 2013 Posted by Ahmad Saifuddin Azhar No comments
Setiap media penyimpanan selalu memiliki batas maksimal. Namun, seringkali kita kurang memperhatikan dan cenderung lebih sering menyimpan data daripada menghapusnya sehingga pada suatu ketika terdapat kondisi ukuran data mendekati ukuran maksimal penyimpanan dan mengharuskan kita untuk menghapus sebagian data kita. Pada kondisi inilah seringkali kita bingung untuk menfilter dan menentukan data mana yang boleh dihapus dan seberapa besarkah ruang yang yang dibebaskan ketika data tersebut dihapus. Kebingungan ini akan semakin bertambah jika kita kita tidak menerapkan pengelompokan data yang baik sehingga tercampur antara data yang penting dan tidak. 

Pada artikel kali ini saya akan sedikit mereview sebuah aplikasi gratis dengan nama 'Folder Size' yang bermanfaat untuk membantu sobat untuk menganalisa ukuran dari masing-masing data. Program ini memang tidak dapat menganalisa mana data yang penting atau tidak, tapi paling tidak dengan program ini sobat akan terbantu untuk mencari data-data dengan ukuran besar sehingga sobat dapat mempertimbangkan lebih jauh untuk menghapusnya atau mempertahankannya.

 Cara penggunaan Folder Size juga cukup mudah, sobat hanya perlu untuk memilih drive mana yang ingin dianalisa kemudian klik scan dan program akan memulai proses scan. Setelah selesai program akan menampilkan folder-folder lengkap dengan ukuran total file-file di dalamnya. Program juga akan menampilkan ukuran folder dalam bentuk grafik untuk lebih mempermudah menganalisa folder. 
 

Tidak hanya itu, untuk membantu analisa user, versi pro dari program ini juga dilengkapi filter. Dengan fitur ini sobat dapat mencari file-file dengan query tertentu sesuai kebutuhan, misal 'mencari file sebelum mei 2010 dengan ukuran lebih dari 2 GB'. 



Cukup bermanfaat bukan program tersebut.. Folder Size sementara ini tersedia hanya dalam platform Windows. Folder Size memiliki tiga versi, yaitu versi free, personal, dan professional. Adapun perbedaan diantara ketiganya dapat sobat lihat disini. Folder Size dapat sobat download pada situs resminya disini.

Mungkin cukup sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat, kurang lebihnya saya mohon maaf, tetap semangat dan terus berkarya ^^

Baca juga :
Analisa Ruang Media Penyimpanan Android Anda dengan Storage Analyzer


0 comments:

Post a Comment