Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang penggunaan Unity untuk membuat game 2D. Pada artikel tersebut saya masih menggunakan Unity 4.2x yang belum dilengkapi dengan tool 2D sehingga saya memerlukan tool tambahan yaitu Orthello Framework. Seiring perkembangan Unity, mulai versi 4.3 Unity telah dilengkapi dengan fitur 2D, hal ini memungkinkan Unity dapat digunakan untuk membuat game 2D secara lebih mudah tanpa memerlukan tool tambahan. Nah pada artikel kali ini saya akan membahas tutorial membuat animasi sprite 2D di Unity menggunakan tol 2D bawaan Unity secara defult. Ok langsung saja kita mulai membuatnya, simak tutorial di bawah ini :
Perhatian : klik gambar untuk memperbesar
Alat dan bahan :
Contoh sprite stickman dapat didownload disini
Sample project hasil tutorial ini dapat didownload disini
Langkah 1. Buat project baru
Seperti biasa, file >> new project. Namun perbedaannya pada pengembangan game 2D kita pilih 2D pada bagian 'Setup defaults for'.
Langkah 2. Import sprite
Disini saya memiliki sebuah sprite sederhana berupa stickman dengan animasi lari, sprite ini terdiri dari gambar-gambar biasa, dimana jika di load secara bergantian dalam tempo waktu tertentu akan menghasilkan animasi lari.
Kemudian kita import dengan melakukan drag & drop. Disini sprite saya import pada direktori 'User Assets/Stickman/Sprite'. Sobat dapat membuat sendiri direktorinya.
Langkah 3. Letakkan sprite di scene
Langkah selanjutnya adalah meletakkan sprite di scene. Lakukan drag & drop sprite idle ke window scene.
Letakkan pada posisi 0,0,0 dengan mengedit transform. Hal ini untuk memudahkan saja, Sobat dapat menggunakan posisi lainnya.
Kemudian berilah nama sprite, kali ini saya memberinama sprite ini dengan nama 'Stickman'
Langkah 4. Animasi
Langkah 4.1. Buat animator
Langkah selanjutnya adalah membuat animasi dari sprite. Beri component 'Animator' pada sprite. Select sprite, klik Component >> Miscellaneous >> Animator
Setelah memberikan component animator maka seharusnya animator ada di dalam sprite. Klik sprite 'stickman' kemudian lihat di bagian inspector.
Selanjutnya kita buat 'animator controller' untuk stickman. animation controller saya buat di dalam folder 'User Assets/Stickman/Animation Controllers'. Buat dengan klik kanan >> create >> animator controller
Kita beri nama animator controller tersebut dengan nama 'Stickman'
Selanjutnya kita masukkan animator controller yang baru kita buat ke dalam animator dengan cara drag & drop.
Selanjutnya kita munculkan window animator dan animation. window animator dapat dimunculkan dengan klik window >> animator. Window animation dapat dimunculkan dengan klik window >> animation. Kita susun sedemikian rupa window tersebut agar enak dilihat. Sobat dapat menghapus window-window yang mungkin tidak perlu. Disini jika Sobat memiliki layar besar adalah satu keuntungan buat sobat karena seluruh window dapat dimunculkan secara jelas.
Langkah 4.2. Buat animasi 'Idle'
Animasi Idle ini nanti akan kita mainkan ketika karakter stickman dalam keadaan diam, tidak berjalan, tidak melompat, dan tidak melakukan action lain. Kita buat animasi baru, klik pada bagian window animation, klik Create New Clip.
Kita beri nama clip tersebut, misalkan 'idle'. Clip idle ini saya simpan di 'User assets/stickman/animations/Idle'. Ketika animasi idle dibuat secara otomatis state baru bernama 'Idle' juga terbentuk di animator.
Kemudian kita buat clip nya dengan melakukan drag & drop sprite pada timeline animation. Kita atur sedemikan rupa kecepatannya agar tidak terlalu cepat dan tidak pula terlalu lambat.
Kemudian sobat dapat mencoba memainkan sprite dengan mengklik play pada window animation. kita lihat animasi akan berjalan.
Oke, seharusnya sampai disini Sobat sudah dapat melihat sprite Sobat dengan animasi Idle.
Langkah 4.3. Buat animasi 'Run Right'
Animasi 'Run Right' akan dimainkan ketika kita menekan panah kanan. Karakter stickman akan memainkan animasi run right ini dan akan berlari ke kanan. Seperti biasa kita buat animasi baru, klik pada window animation >> Create new clip
Kemudian kita simpan animasinya seperti sebelumnya. Lihat di window animator maka akan muncul state 'Run Right'
Kemudian buat animasi dengan melakukan drag & drop. Sobat dapat juga menentukan kecepatan animasi dengan mengubah nilai dari sample. Silahkan mainkan nilai sample sehiingga animasi tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
Coba mainkan dengan menekan tombol play pada window animation. Jika berhasil animasi dapat berjalan.
Langkah 4.4 Transition
Seluruh animasi sudah kita buat, langkah selanjutnya adalah membuat transisi animasi. Transisi ini diperlukan untuk menentukan kapan animasi berpindah, misalkan dalam kasus ini animasi berpindah dari 'idle' ke 'run right' ketika kecepatannya adalah lebih dari sekian.
Kita lihat pada animator, state 'Idle' berwarna orange sedangkan state lainnya abu-abu. Hal ini berarti state 'Idle' merupakan default state, artinya ketika sprite di load secara default akan memainkan state 'Idle' sampai ada kondisi transisi yang menyebabkan state berpindah. Ok.. Langkah membuat transisi, kita klik kanan state 'idle' pada animator, pilih 'make transition'.
Kemudian kita arahkan panah ke state 'Run Right'
Selanjutnya buat juga transisi dari state 'Run Right' ke idle dengan cara yang sama.
Selanjutnya kita buat parameter 'speedX'. Parameter speedX ini kita gunakan sebagai parameter yang menyatakan kapan terjadi transisi dari idle ke run atau sebaliknya. Buat parameter speedX berupa float.Pada window animator di bagian parameters tambahkan dengan klik icon '+'
Kita beri nama 'speedX' dengan nilai default 0.0
Selanjutnya kita memerlukan window Inspector untuk melakukan pengaturan transisi. Munculkan window Inspector dengan klik window >> inspector
Select transisi dari idle ke run right. Kemudian lihat inspector, pada bagian conditions lakukan pengaturan 'speedX Greater 0.1'. Hal ini berarti animasi idle akan berubah ke run right ketika nilai speedX adalah lebih besar dari 0.1
Lakukan hal serupa untuk transisi run right ke idle. Kali ini dengan pengaturan 'speedX Less 0.1'. Hal ini berarti animasi run right akan berpindah ke idle jika nilai speedX kurang dari 0.1
OK.. Kedua transisi sudah selesai. Jangan lupa simpan scene ctrl + S agar jika sewaktu-waktu terjadi crash scene kita tidak hilang. Saya simpan scene dengan nama Scene 1.
Langkah 5. Memberi background arena
Selanjutnya kita beri background. Kenapa? Agar nanti bisa terlihat pergerakannya. Bayangkan jika tidak ada background. Karakter bergerak seperti apapun juga gak akan terlihat.
Kita kembalikan tampilan window seperti semula dulu agar lebih mudah. Tampilkan window scene, game, hierarchy, asset, inspector. Ini pilihan Sobat, tidak harus seperti punya saya, tergantung Sobat enaknya bagaimana dan apa saja yang perlu ditampilkan.
Kita import background dengan drag & drop
Nah kita masukkan background ke scene. Langkahnya seperti biasa, drag & drop doank dan atur sedemikian rupa agar terlihat rapi dan bagus. Saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar soal ini
Sobat juga dapat memainkan ukuran pandangan main camera agar obyek tidak terlihat terlalu besar atau kecil. Lihat efeknya di window game
Buat tampilan di window game serapi mungkin, kurang lebih seperti ini, karakter tepat di tengah dan dibawahnya ada arena permainan.
Langkah 6. Scripting
Langkah selanjutnya adalah proses scripting. Disini saya akan membagi dalam dua script, yaitu script Stickman.cs dan HUD.cs. Script Stickman.cs adalah script perilaku dari karakter stickman seperti jalan kanan, jalan kiri, lompat, dsb. Script HUD (head up display) adalah script yang menangani input user, dan GUI 2D bila ada. Sobat dapat menambahkan healthbar, button, dsb di HUD ini, jangan menggabungkannya dengan stickman.
Pemisahan script ini penting, kenapa? karena dengan memisah script antara input/kontrol dengan karakter akan membuat program jauh lebih reuseable. Sobat dapat mengganti platform dari android, iphone, desktop, playstation, dsb hanya dengan mengganti script HUD nya saja, namun script karakter tetap. Kenapa? Karena perbedaan platform seperti iphone, android, desktop, playstation, dsb kebanyakan hanya berbeda input kontrolnya saja, namun untuk karakter tetap, sama sekali tak berubah.
Langkah 6.1. Scripting karakter
Buat script Stickman.cs dan letakkan pada sprite Stickman di hierarchy dengan cara drag & drop
Berikut adalah isi script Stickman.cs, penjelasan lebih lengkap langsung saya komentari di script
Berikut adalah isi script Stickman.cs, penjelasan lebih lengkap langsung saya komentari di script
using UnityEngine; using System.Collections; public class Stickman : MonoBehaviour { public float walkSpeed; //kecepatan berjalan private Animator animator; //animator State state; //enum state, lihat baris 27 void Update(){ if(Input.GetKey(KeyCode.RightArrow)){ WalkRight(); } } //start adalah fungsi pertama yang dijalanan ketika menjalankan script ini void Start(){ animator = this.GetComponent(); //mendapatkan komponen animator dalam obyek ini } //LateUpdate dipanggil 1x tiap 1 frame setelah fungsi Update void LateUpdate(){ if(state == State.idle){ //digunakan untuk mendeteksi idle, jika tidak ada action apapun (state == State.idle) this.animator.SetFloat("speedX", 0); //memberi tahu animator jika saat ini speednya adalah 0 } state = State.idle; //secara default state adalah idle, jadi apapun statenya ketika selesai berjalan 1 frame maka state dikembalikan ke idle } //Method untuk berjalan ke kanan public void WalkRight(){ state = State.walk; //ketika berjalan state adalah walk this.transform.Translate(Vector2.right * this.walkSpeed * Time.deltaTime); //translasi biasa untuk bergerak this.animator.SetFloat("speedX", walkSpeed); //memberi tahu animator jika saat ini speedX adalah sebesar kecepatan walkSpeed } private enum State {idle, walk}; //deklarasi enum State }
Lihat script diatas, fokuskan pada bagian berikut :
public float walkSpeed; //kecepatan berjalan
Variabel walkSpeed memiliki modifier public. Di unity, variabel public dapat dirubah sesuai keinginan di inspector, seingga kita tidak perlu merubah script untuk merubah valuenya. Klik obyek Stickman, lihat inspector, rubah variabel walkSpeed, nilainya terserah Sobat, semakin besar semakin cepat berlarinya.
Langkah 6.2 Scripting HUD
Empty GameObject dengan klik GameObject >> Create Empty dan beri nama dengan HUD.
Buat script HUD.cs dan letakkan ke dalam object HUD dengan cara drag & drop
Berikut adalah isi dari script HUD.cs, penjelasan lebih lengkap langsung saya komentari di script
Buat script HUD.cs dan letakkan ke dalam object HUD dengan cara drag & drop
Berikut adalah isi dari script HUD.cs, penjelasan lebih lengkap langsung saya komentari di script
using UnityEngine; using System.Collections; public class HUD : MonoBehaviour { public Camera activeCamera; //kamera yang aktif public Stickman stickman; //stickman //method update dipanggil 1x tiap frame void Update () { //membuat active kamera mengikuti stickman, dengan membuat nilai x kamera = nilai x stickman, sedang nilai y dan z tetap, yaitu nilai y dan z dari activeKamera itu sendiri activeCamera.transform.position = new Vector3(stickman.transform.position.x, activeCamera.transform.position.y, activeCamera.transform.position.z); if(Input.GetKey(KeyCode.RightArrow)){ //jika dipencet panah kanan stickman.WalkRight(); //memanggil fungsi WalkRight dari stickman } } }
Lihat kedua variabel berikut :
public Camera activeCamera; //kamera yang aktif public Stickman stickman; //stickman
Pada variabel tersebut bertype public sehingga dapat dirubah di inspector. activeCamera isi dengan kamera, dan stickman isi dengan Stickman yang kita buat tadi.
Langkah 7. Uji coba
Selesai sudah... Jalankan program.. Secara default stickman akan menjalankan animasi 'Idle'.
Coba tekan panah kanan, stickman akan bergerak ke kanan dan menjalankan animasi 'Run Right'
Selesai
Nah... akhirnya selesai juga saya menulis tutorial ini, yang memakan waktu total lebih dari 8 jam, yang saya kerjakan dalam beberapa hari. Hahahaha.. Terima kasih sudah membaca, semoga artikel ini bermanfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf, tetap semangat dan terus berkarya ^^
Saya masih bingung di bagian scripting
ReplyDeleteAgan bingung di bagian yang mananya? Udah download projectnya belom? Sepertinya lebih jelas kalo download projectnya :)
Deletegan. saya coba buat karakter berjalan ke kiri kok animasinya gag bisa ya ..
ReplyDeletepublic void WalkLeft(){
state = State.walk;
Vector3 theScale = transform.localScale;
theScale.x *= -1;
transform.localScale = theScale;
this.transform.Translate(Vector3.left * this.walkSpeed * Time.deltaTime); //translasi biasa untuk bergerak
this.animator.SetFloat("speedX", walkSpeed); //memberi tahu animator jika saat ini speedX adalah sebesar kecepatan walkSpeed
}
mohon pencerahannya gan
Owh.. coba agan liat bagian animator disini.
Deletehttp://i1314.photobucket.com/albums/t579/saifuddinazhar/Duniadigit%20Blog/Tutorial%20Sprite%202D%20di%20Unity/21_zpsfe4d8a8e.png~original
Untuk menambahkan animasi agan harus menambahkan state baru + animasi baru. Dari gambar diatas yang ada hanyalah state diam dan animasi jalan ke kanan. Untuk state + animasi jalan ke kiri masih belum ada. Nah.. Tugas akan membuat animasi jalan ke kiri :)
saya kasi clue nya :
1. Buat sprite nya. agan liat disini http://i1314.photobucket.com/albums/t579/saifuddinazhar/Duniadigit%20Blog/Tutorial%20Sprite%202D%20di%20Unity/2_zpsc1f55b01.png~original. Disitu adanya animasi jalan ke kanan. Tinggal di mirror aja animasi jalan ke kiri, terserah mo pake potosop, gimp, ato apa.
2. Kemudian ikuti kembali mulai Langkah 2 untuk animasi jalan ke kiri.
Semoga bermanfaat :)
Sudah gan, makasih ya buat pencerahannya ..
Deletetapi loncatnya kurang mulus, tp tak apalah. yang penting bisa.
Btw, bisa buat checkGround gg ? aku udah buat fungsi sih buat ngecek player nempel ke colider gag nya tapi masih error. Bisa gag bantu ?
link source : http://s29.postimg.org/mgw9wrpfr/source.png
link SC : http://s28.postimg.org/8024fkxvh/Capture.png
Coba cari-cari artikel tentang OnTriggerEnter, kalo ini collider 2D kalo g salah jadi OnTriggerEnter2D. Selamat mencoba :)
DeleteOk gan makasi, Btw ada link gag tentang gitu yang local aja (indo)
DeleteWah gak ada gan.. Silahkan cari sendiri aja ya :)
Deleteini versi unity keberapa ?
ReplyDeleteKan sudah saya jelaskan di atas, Unity 4.3 :)
DeleteGan....minta emailnya dunk....maklum masih newbee nih.....
ReplyDeleteOh iya....1lg gan....game yg seperti plant vs zombie itu 2d bukan??
Ane bener2 penasaran nih dlm hal gaming...
Jgn lupa sertain alamat email agan yha??
Mohon pencerahannya gan...
Yup... Plant VS zombie itu game 2D. Email saya saifuddinazhar@gmail.com, silahkan dihubungi kalo mau tanya2.. :)
DeleteMantap gan.....ane cuma baru berhasil sampe di bagian background doank....
ReplyDeletebingung di bagian script....itu maksudnya Stickman.cs apa yha?? (.cs) artinya apa gan??
trus gan di bagian script yg agan buat ada tulisan //.........(bhs indo)
itu dihapus atau di tulis aja gan??
maaf.....banyak nanya.....mohon bimbinganya yha???
SEMANGAT TERUS BLOG nya Gan.....SEMANGAT.....MANTAPZZZZ
.cs itu ekstensi dari file C# (baca : C Sharp)
DeleteWah pasti ini nubi banget dibidang pemrograman yah... Kalo // itu artinya komentar. Jadi bisa dihapus atopun nggak gak akan ngefek. Maaf ya saya responnya lama, rada sibuk kerja :)
gan itu bagaimana agar karakternya bisa bergerak kekiri juga.
ReplyDeleteaku sudah coba tapi kok malah mundur karakternya.
Animatorny juga udah dibuat.
Tolong pencerahannya
:)
butuh sprite jalan ke kiri juga. Agan bikin spritenya lagi.. :)
DeleteGan.....Berhasil gw coba......Thx banget yha???
ReplyDeleteBuat lg donk pembelajarannya.....hehehe....baru x ini dpt blog yg pas.....
Ditunggu tutorial lg yha gan?? Klw bisa game2 yg mirip seperti Zuma atau yg lain....
Hahaha... Terima kasih juga sudah baca blog saya...
DeleteSebenernya saya pengen bikin tutorial series atau step by step dari awal sampai bener2 jadi game sederhana. Tapi masalahnya saya g pandai menggambar. Jadi kalau agan punya sprite sederhana bisa di share dimari nanti saya buatkan tutorial :)
Gan...klw ini tandanya apa yg salah....
ReplyDeletehttps://www.dropbox.com/s/lajlbaoongi882c/Untitled.png
Terimakasih jika telah meresponnya......
gimana yah.. Coba agan pelajari tentang type data Generic dulu. Ini saya ada sedikit penjelasan tapi di java. http://docs.oracle.com/javase/tutorial/java/generics/types.html
DeleteUntuk yang C# silahkan cari2 sendiri, cuman g jauh beda kok sama java.
Jadi intinya T itu adalah type Generic, bisa diisi kelas sesuai keinginan. CMIIW :)
gan....ane baca tutorial disini....
ReplyDeletehttp://www.raywenderlich.com/61532/unity-2d-tutorial-getting-started
ada perintah buka sprite packer....
gw coba buka sprite packer pake caranya, tp knp tetap ga bs di buka yha gan??
agan tau ga cara bukanya??
Lho dibuka aja lhoo... Pastikan unity 4.3. Kalo versi sebelumnya g ada sprite packernya :D
DeleteKeren gan... ntar ane coba ikuti dulu.... Kayak plant vs zombie bisa di buat dari unity juga ya?
ReplyDeleteHahaha... bisa banget.. :D
Deletepermisi gan, ane barusan udah nyampe script di atas udah ngisi scriptnya terus di drag n drop ke stickman nya, tapi kok di tab inspectornya ga ada settingan walk speed nya ? gimana gan ?
ReplyDeletepublic float walkSpeed;
DeleteModifiernya harus public biar bisa dibaca di unitynya :)
udah public float walkSpeed; tapi tetep ga bisa ? terus ane bikin lagi c# nya pas di coba di drag ke stickman nya kok jadi ada yg error, gimana nih ? error nya pas di animator = this.GetComponent(); tulisan errornya "unknown resolve error"
ReplyDeleteBisa di capture screenshot errornya?
DeleteGan...buat forum unity indonesia donk......pasti rame ntar.....
ReplyDeleteLhooo.. udah ada di facebook.. Tapi bukan saya yang buat. Disana banyak jago-jago unity yang jauh jauh jauh lebih jago dari saya :D
Deletegan,tu kn gambarny sdah jdi,klo ngebuatny sndri tu pke software apa? klo pke corel atau klo g windows paint bsa kh?
ReplyDeleteBisa.. terserah aja mau pakek apa. klo bisanya gambar tangan ya gambar tangan juga bisa terus di scan. G ada aturan asal jadi :)
Deletemisi,itu scip nya yg awal itu yang bagian " animator = this.GetComponent(); "
ReplyDeletewaktu di jalan kan kok error ya,, gimana itu?
Errornya gimana? bisa kasi screenshot?
DeleteAssets/Script/Claudyne.cs(11,33): error CS0411: The type arguments for method `UnityEngine.Component.GetComponent()' cannot be inferred from the usage. Try specifying the type arguments explicitly
Deletesaya juga ngalamin error kayak diatas itu kenapa ya T^T
Coba diganti dengan
Deleteanimator = this.GetComponent();
atau
animator = this.GetComponent(typeof(Animator));
Mungkin saya lupa itu.. hehehehe...
Bikin tutorial lagi dong gan, gimana carany scene yang satu berpindah ke scene lain pake tombol
ReplyDeleteUntuk buttonya kamu coba di link ini http://duniadigit.blogspot.com/2013/09/membuat-button-touch-screen-di-unity.html
DeleteUntuk pindah scene kamu pake Application.LoadLevel("Nama Scene")
kok saya gk bisa di bagian script...selalu ada tulisan cant add script saat mendrag script ke stickman
ReplyDeleteLho... Mungkin kamu tidak extends MonoBehavior.
Deleteuntuk deklarasi kelas kamu extends MonoBehaviour biar bisa jalan di unity.
Contoh :
public class Stickman : MonoBehaviour{
}
gan kok gak ada nyawanya dan gak ada rintangan nya kalo mau buat rintangannya gimanaa??
ReplyDeleteyang eror component coba code diatas diganti " animator = this.GetComponent(); "
ReplyDeletekalau buat lompat gimana?
ReplyDeleteKali pake physics bisa pake rigidbody.Addforce. Kalo g pake pysics ya bisa pake transform.translate aja..
Deletegan kalo animator untuk jalan ke kiri, kanan, atas, bawah itu gimna gan, sama pengaturan conditions nya itu gimn gan?
ReplyDeleteane nyoba beberapa kali pas di runing kaga berhasil manggil ke Animation nya, hanya sekali pemanggilan saja Animatornya, seperti saat di runing, posisi default idle saat di gerakan ke kiri maka di Animatornya memanggil Run Left tetapi pada saat di gerakan ke kanan itu tidak bisa memanggil ke Run Right jadi jalan ke kanan itu seperti mundur, di karnakan tidak bisa memanggil Animasi yang berjalan ke kanan, begitu pula jalan yang atas dan yang bawah.
itu gimana solusinya gan?
mohon bantuannya.
terimakasih gan
Waduh.. Saya juga bingung kalo g liat langsung projectnya. Kemungkinan Agan salah mendesain animasinya (liat langkah 4.2 yang gambar ke-3)
Deletejgn pake photobucket lagi kalau mau jadi sumber gambar... photobucket itu suka ngapus2 gambar..
ReplyDeleteterima kasih atas masukannya... Dlu katanya free makanya saya pake itu. Tapi ternyata di hapusin... -_-'
Deletegan, apa gunanya script itu gan, memang nya setiap game itu berbeda scipt nya.
ReplyDeletemohon pencerahannya
Mantap Tutornya Gan... :D
ReplyDeletegan itu yg script
ReplyDeleteanimator = this.GetComponent();
kyknya salah tulis dah, soalnya script yg ada di project yg agan sediain tulisannya
animator = this.GetComponent();
gan semisal itu stickman jalan otomatis gimana ya caranya ?
ReplyDeletejadi kalo semisal d click cuman lompat aja
coba kalau dibuat video tutorialnya, dgn menggunakan software perekam aktifitas di monitor (nama software-nya lupa gue). pasti lebih siip ... !
ReplyDeletegan itu agan buat sprite lewat apa?? biar lebih mudah gan
ReplyDeletegan mau nanyaa , itukan 2d platfrom RUN /
ReplyDeletekaloo cara membuat game berbasis kaaya 2d gituu tetapi
perang kayaa gamee gamee 2d gituu yang bisa perangg nahh itu gimanaa cara script tembaknya dan buat musuhnya ?
mas, kalo ngasih rintangan seperti tiang gitu gmna ??
ReplyDeleteudah nyampe script gagal mulu.. -_- ,ane fokus belajar script aj dulu.. :)
ReplyDeletegan unity 4.5.5 sama 4.3 beda to? ko di 4.5.5 gk ada create new clip carinya dimana ya
ReplyDeleteBeda tapi mirip2..
DeleteKak mohon penjelasan tentang script ini :)
ReplyDeletevoid Update () {
//membuat active kamera mengikuti stickman, dengan membuat nilai x kamera = nilai x stickman, sedang nilai y dan z tetap, yaitu nilai y dan z dari activeKamera itu sendiri
activeCamera.transform.position = new Vector3(stickman.transform.position.x, activeCamera.transform.position.y, activeCamera.transform.position.z);
if(Input.GetKey(KeyCode.RightArrow)){ //jika dipencet panah kanan
stickman.WalkRight(); //memanggil fungsi WalkRight dari stickman
}
}
kak mohon penjelasan tentang script ini :)
ReplyDeletevoid Update () {
//membuat active kamera mengikuti stickman, dengan membuat nilai x kamera = nilai x stickman, sedang nilai y dan z tetap, yaitu nilai y dan z dari activeKamera itu sendiri
activeCamera.transform.position = new Vector3(stickman.transform.position.x, activeCamera.transform.position.y, activeCamera.transform.position.z);
if(Input.GetKey(KeyCode.RightArrow)){ //jika dipencet panah kanan
stickman.WalkRight(); //memanggil fungsi WalkRight dari stickman
}
}