Blogging for sharing, sekedar berbagi ilmu dan pengalaman

[Repost Blog Lama] Pengalaman pertama membuat game Android

February 01, 2014 Posted by Ahmad Saifuddin Azhar No comments
Sebenarnya ini bukanlah artikel baru. Versi original dari artikel ini saya tulis di blog lama saya dengan link http://gurusakti.wordpress.com/2011/12/07/pengalaman-pertama-membuat-game-android/ pada tanggal 7 Desember 2011. Kurang lebih sudah 3 tahun yang lalu terhitung dari saya menulis artikel ini. Kenapa saya tulis kembali di blog ini? Ya karena saya berniat menghapus blog lama saya dan memutuskan untuk pindah ke blog ini, jadi saya tulis kembali beberapa artikel yang saya anggap memberikan kesan lebih buat saya, dan artikel ini memiliki kesan lebih karena pada saat saya menulis versi original dari artikel ini saya baru saja menyelesaikan project game android pertama saya. Hal yang cukup membuat saya senang.. Ok.. Langsung saja, tanpa edit-edit tetek bengek saya langsung copas dari blog lama. Inilah artikelnya :

Original article :
Teringat beberapa minggu yang lalu, aku bersama teman2ku dari EGDC (EEPIS Game Developer Community) lembur di lab TA lantai 1 PENS-ITS mengerjakan sebuah game berplatform android. Kebetulan, waktu itu kita mendapat sebuah project dari PT X untuk mengembangkan aplikasi berbasis android, dan kebetulan juga aku mendapat posisi programmer dalam project ini, posisi yang oleh sebagian orang dianggap sebagai momok dan bikin pusing.  Deadline, itulah yang selalu ada di benakku. Rasa bosan, kantuk, dan jengkel melihat kata “Force Close” bergabung menjadi satu menyelimuti pikiran yang telah lelah ini. Seiring datangnya pagi, rasa galau dan ragu datang dan membuat hati ini seakan berbicara, mampukah aku menyelesaikan semua ini?
Bermodal tekad, semangat, kebersamaan, dan kemampuan seadanya aku berusaha menyelesaikan semuanya. Lagu2 SNSD dari laptop temanku, Dota, dan Game Pikachu sekilas menghiburku, dan membuatku tertawa kembali. Canda tawa, dan guyonan-guyonan kecil dari sahabat-sahabat dekat seakan menjadi motor yang memacu semangatku dan mengusir kebosananku.
Dan akhirnya beberapa hari yang lalu, selesailah game ini, meski terdapat beberapa bug2 yang aku sendiri tak tahu apa penyebabnya. Entahlah…. Aku harap game ini akan menjadi game yang bermanfaat dan dapat disebar luaskan ke khalayak umum. Insyaalah dalam waktu dekat ini game ini akan dipasarkan lewat flexy store. Silahkan tunggu rilisnya dan saya ucapkan selamat bermain… ^^
Screenshot game :



 






0 comments:

Post a Comment