Blogging for sharing, sekedar berbagi ilmu dan pengalaman

Tugas Akhir oh Tugas Akhir (Game First Person Shooter Perjuangan Jenderal Sudirman Berbasis Mobile)

February 12, 2014 Posted by Ahmad Saifuddin Azhar 46 comments
Tepat tanggal 21 Desember 2014 kemaren saya menjalani sidang tugas akhir, sidang yang mungkin selalu menjadi momok hampir semua mahasiswa di seluruh dunia. Tapi apa daya, tanpa adanya tugas akhir dan sidang tugas akhir tidak akan ada kelulusan, dan tidak akan ada pula gelar akademik. Tugas akhir entah itu dalam bentuk skripsi, thesis, dsb sepertinya sudah menjadi syarat kelulusan hampir di seluruh perguruan tinggi di dunia.

Saya sendiri saat ini berstatus sebagai mahasiswa D4 Teknik Informatika di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), sebuah kampus yang mungkin saat ini kurang dikenal karena memang dulunya kampus ini adalah salah satu politeknik milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), yang sejak kurang lebih 2 tahun lalu (terhitung dari artikel ini ditulis) berpisah dari ITS dan membentuk institusi sendiri. Mungkin sampai sekarang orang akan lebih mengenal sebutan 'Poltek Elka ITS', daripada PENS.

Ok.. Kembali ke tugas akhir. Kali ini saya mengambil tugas akhir dengan judul 'Game First Person Shooter Perjuangan Jenderal Sudirman Berbasis Mobile'. Awalnya malas memang mengambil judul itu, karena mengambil game sejarah menurut saya memiliki konsekuensi besar, kenapa? Karena banyak yang dipikirkan. Mungkin ini bisa jadi sedikit pertimbangan bagi sobat yang mungkin akan mengambil game terutama game sejarah sebagai judul tugas akhir :
  1. Referensi. Dimana sobat akan mendapatkan referensi? Apakah mungkin hanya dari buku? Mungkin banyak buku yang membahas sejarah. Tapi apakah itu sudah cukup detail? Jika saya tanya, apa saja tipe senjata yang digunakan pada waktu itu? Apakah sesuai dengan game kamu? Belum lagi jika sobat salah mengambil referensi dan salah menceritakannya, tentu itu akan berdampak sangat buruk. Itulah alasan utama kenapa sebenarnya saya malas mengambil hal yang berhubungan dengan sejarah.
  2. Model, texture, sound, animasi, dsb. Berapa lama sobat mengerjakan tugas akhir? 6 bulan? 1 tahun? atau lebih lama? Konsekuensi jika sobat mengerjakan game adalah bagaimana membuat model-modelnya, texture, sound, dsb. Sobat harus memikirkan cukup tidaknya waktu itu, mengingat seringkali sebuah game memiliki banyak sekali model. Sobat harus berpikir, berapa banyak model karakter, berapa banyak model rumah, pohon, terrain, dsb. Semua ini harus dipikirkan, sesuaikan dengan kemampuan sobat untuk membuat model-model tersebut, atau sobat menjadi sulit tidur karena tugas akhir. 
  3. Scripting, AI, skenario, dsb. Menurut saya inilah yang tersulit dalam hal teknis, terutama dalam hal AI. Membuat sebuah karakter AI yang berlaku realistis adalah hal yang sulit, bahkan seringkali harus menggabungkan beberapa algoritma agar berhasil. Bukan masalah mampu / tidak nya, saya yakin asal bersungguh-sungguh pasti mampu. Namun, proses ini  memakan waktu yang lama. Sobat harus mensimulasikan AI dengan berbagai kondisi agar dapat mengetahui perilakunya. Misal, mendekatkan karakter AI dengan musuh, menyerang karakter AI, melemparnya dengan bom, dsb. Sobat harus menguji semuanya, dan seringkali dalam pengujian ini akan menimbulkan error. Uji coba dan debugging inilah yang menyita cukup banyak waktu bagi saya. Belum lagi masalah skenario, sobat harus menyusun skenario kapan karakter A muncul, kapan B mati, dsb. Dan kesemuanya membutuhkan uji coba. Uji coba skenario sama dengan sobat harus memainkan game berulang kali, yang berarti juga akan memakan banyak waktu.
  4. Performa. Setelah semua berjalan baik, jangan senang dulu. Sobat harus memperhatikan hal yang satu ini, apalagi jika sobat menggunakan platform mobile seperti yang saya lakukan. Sobat harus bisa menggunakan resource seminimal mungkin, misalnyya denga membuat model dengan vertex sedikit mungkin tapi dengan hasil sebaik mungkin, membuat program dengan seefisien mungkin, agar performa tetap baik. Seringkali teknik optimasi performa juga perlu diterapkan seperti misalnya Oclussion Culling
Nah sudah cukup basa basinya, langsung saja saya tunjukkan screenshot proyek saya. Proyek ini saya kerjakan selama kurang dari 3 bulan. Lho kok cepet banget? Ya memang, karena di awal-awal tugas akhir saya sempet mengerjakan proyek-proyek lain, sehingga memaksa saya untuk menunda pengerjaan tugas akhir. Alhasil pengerjaan 3 bulan saya rasa memberikan hasil yang sangat tidak maksimal, terutama masalah model 3D nya. So.. Jangan di komen modelnya yah.. Ok langsung saja screenshotnya :

Main menu :
Ini nih tampilan main menu, model orang yang berdiri di sebelah bendera itu anggap saja sebagai Jenderal Sudirman. Saya gak pandai modeling, jadi ya ala kadarnya saja, apalagi buatnya cepet-cepet.


Gameplay :
Gameplay-nya gak jauh beda sama game 1st person shooter lainnya. Cuman nembak-nembak doank.


AI :
Ini nih musuh + teman yang digerakkan  dengan AI. Untuk membuat AI saya menggabungkan algoritma FSM dan A*. FSM saya gunakan sebagai pengambilan keputusan terhadap state keadaan tertentu, sedangkan A* memastikan kalau AI dapat berjalan lebih realistis karena dapat berjalan menghindari penghalang dan memastikan AI tidak nyasar di hutan. Sekali lagi jangan komen model 3D + animasi nya ya.. Maklum lah cepet-cepet...


Intro :
Dan ini ada intro sebelum memulai level. Disini intronya menceritakan tentang apa yang akan dihadapi di level itu. Jangan di komen bahasa inggrisnya, soalnya saya sedikit cupu sama bahasa iggris, sehingga memaksa saya pake google translate, dan sangat minim sekali pengeditan. Itu juga dikerjakan H-beberapa hari sebelum sidang TA.



Ini muncul sosok Jenderal Sudirman di intro. Seperti pada kisah aslinya, Jenderal Sudirman harus ditandu karena sakit paru-paru yang dideritanya. Lagi-lagi saya ingatkan, jangan komen model 3D nya yah ^^



Level :
Ini saya tunjukkan sedikit screenshot level. Ada dua level di permainan ini, level 1 Palagan Ambarawa dan level 2 Agresi Militer Belanda II




Ini nih ada sosok tandu Jenderal Sudirman ketika dalam permainan


Nah.. Mungkin itu saja yang dapat saya share. Mungkin Sobat bertanya-tanya... Loh.. kok cuman gambar doank? Mana nih aplikasinya? Hahaha.. Lain kali aja deh.. Masi banyak bug nya.. Lagian jujur deh saya males kalo menyebarkan game ini, soalnya ini membawa nama sejarah. Saya takut ada kritikan karena mungkin saya ada kesalahan dalam menceritakan sejarah. Oke deh.. mungkin cukup sekian yang dapat saya tulis, kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih sudah membaca, tetap semangat dan terus berkarya.. ^^

46 comments:

  1. wkwkwkk

    jendral sudirmanya pake tandu :V

    nice gan (y)

    kembangin terus yah gan ... :)

    klo boleh tau animasinya pake apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Terima kasih atas komennya :)
      Untuk mengembangkan sebenarnya tinggal selangkah lagi yaitu memperbaiki model 3D nya dan melengkapi beberapa yang kurang. Tapi jujur saya rada takut kalo mengembangkan game ini, karena sangat berkaitan dengan kisah sejarah nasional. Apalagi saya mengangkat kisah hidup seseorang, nanti kalau keluarganya Jenderal Sudirman nuntut gimana.. Pokoknya berat saya buat ngembangin game ini, lebih baik saya bikin game yang tidak nyangkut-nyangkut sejarah. Kecuali ada pakar sejarah, atau pakar pendidikan yang mendukung saya, baru saya berani melanjutkan proyek ini :D

      Untuk modeling + animasi saya pake blender, game engine pakai Unity.

      Delete
    2. iya yah ...
      wkwkwkw


      blender yah? aku juga pake blender ...
      aku juga sementara tugas akhir ...
      mau buat Game FPS juga sama seperti yang agan buat ...
      ini sementara cari2 bahan ...

      jadi, bisa kan minta pencerahannya klo dah buntu :D

      Delete
  2. mas. tanya, tpi ini bukan buat game. cuma buat pgenalan perangkat memasak contohnya. pengen tampilan awal ada menu dulu, kalo mau buat menu nya gimana mas? help. -_-
    trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari-cari artikel ttg GUITexture. Baca juga disini tentang membuat button berbasis GUITexture http://duniadigit.blogspot.com/2013/09/membuat-button-touch-screen-di-unity.html

      Delete
  3. waw artikelnya inspiratif.
    beneran ..
    hahaa

    sbrapa sulit dan rumit kah membuat model 3D itu gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm... gak rumit sih.. Cuman perlu art dan kesabaran :)

      Delete
  4. Bikin tutorialnya dong, Gan:).
    Itu pake AndEngine ke Eclipse ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Saya pake andengine itu cuma 1x doank di proyek ini http://duniadigit.blogspot.com/2014/02/repost-blog-lama-pengalaman-pertama.html itupun sudah beberapa tahun yang lalu.
      Kalo mau saya buatkan tutorial libGDX, sama2 berbasis android, sama-sama free, tapi lebih mudah dan lebih lengkap dokumentasinya. Mau?? Kalo mau kirimin saya contoh sprite nanti saya buatkan tutorialnya.

      Delete
  5. Boleh mnta tutorial nya gan ? Buat saya skripsi juga nih gan . Dan game yg mau saya buat jga fps

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berikan saya asset (model 3D lengkap animasi, texture2D, sound, dll), nanti saya buatin tutorial :)

      Delete
  6. bagus kok mas :)

    saya semester depan udah mulai TA
    rencananya mau ngangkat ttg 3D, tapi masih bngung Animasi 3D atau Game 3D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmmm.... Saran sih yaa.. Gak bermaksud mematahkan semangat..
      Kamu sendiri mahasiswa jurusan apa? Maksud saya gini, dalam membuat game itu menurut saya minimal harus ada programmer, 2D / 3D artist (sesuai game nya), sound engineer. Belajar 1 bagian aja udah susah minta ampun.. Mau ta diborong sendirian? Apalagi kalau misalnya ke-3 nya masih dalam tahap belajar akan tambah kesusahan lagi.

      Saran saya... Ya ati-ati lah klo mau ambil game, yang dipikir banyak. Mulai animasi, sound, programming, dll lah. Ato kalo emang pengen banget ambil game lebih baik gandeng'an aja lah, 1 game dipecah jadi 2 judul TA kemudian dikerjakan bareng-bareng. Hasilnya psti akan lebih bagus :)

      Delete
    2. wah nice banget nih agan. ane juga mau buat game nih, rencananya yang game musical kaya Guitar Hero, minta masukannya dong, ane bingung nih

      Delete
    3. Maaf atas lamanya respon.. Lagi rada sibuk. hehehe.. hmmm.. goodluck dengan projectnya yaa... Mau masukan apa? Goodluck aja... Hahahah :D

      Delete
  7. kalau download gem nya dimanaya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sory atas lamanya respon. Hahahaha... belum saya publish jadi tidaka da link download...

      Delete
  8. wow keren gamenya
    Maaf bang saya mau tanya masih newbie soal koding game
    Kalo mau bikin game model air strike/plane shooter ai musuhnya kira" bagusnya pake algoritma apa?
    Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf atas lamanya respon... Rada sibuk g sempet ngeblog..
      Kalo algoritmanya terserah.. AYng paling simple kamu pake FSM untuk AI nya, Seperti yang saya terapkan di game saya juga pake FSM

      Delete
  9. Assalamualaikum gan.
    saya terpukau dan kagum gan. Game buatan agan keren dan bagus. gak kalah sama game mobile lainnya, malah banyak yang dibawah game agan. Secara Overall:
    Graphic= 9/10 Baik, jika dipoles lagi akan Sangat Amat Baik!
    Story= 8/10 Standard,cerita sepertinya terlihat epik karena mengambil kisah sejarah, namun agan sendiri bilang kalau ceritanya bisa saja tidak akurat, jadi dicoba lebih diakuratkan dan nanti akan tambah lebih baik.
    Interface= 8/10 Standard, terlihat baik dan familar dengan game2 lain gan, So good job.
    Model= 9/10 Baik, agan bilang modelnya jelek? salah ini sudah baik untuk game FPS. banyak game mobile FPS yang modelnya malah berantakan gan. Lebih keren lagi jika Modelnya diperhalus & dilembutkan agar tidak terlihat kaku.
    Bug= 0, karna saya belum mencoba jadi tidak tahu masih terdapat bug atau tidak.
    Secara keseluruhan SAYA SALUT DENGAN ANDA. by the way kenapa gak buat game FPS yg tidak historik aja, dan dipublish? sayang gan. KEREN ini . Lanjutkan gan!
    Shandi Yudha.VQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... agan bisa aja... Makasih gan :)
      Agan belum main, kalo udah main ntar baru keliatan kurangnya. Hehehehe... :D

      Delete
  10. gan mau tanya nih agan buat game ini pake AHP nggak? oh iya gan boleh minta CP nya agan gk? mau nanya lebih jauh nih soal bikin game :D

    ReplyDelete
  11. hallo mas salam kenal ya, saya mau nanya ini soal skenario, mksdnya skenario itu beberapa sceen di jadiin satu gitu ya? atau gimana ya?? mohon bantuannya gan makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan... Kalo di game saya ada pilihan levelnya. Misal, saya pilih level 1, Palagan Ambarawa. Setelah saya klik itu nanti masuk scene level 1 itu. Untuk skenarionya gampang aja. Ketika sebelum main munculin aja film pendek 3D (lihat screenshot bagian intro). Disitu kan udah bisa di dapet ceritan. Kemudian nanti pemainnya kamu beri quest. Missal Missi 1. Bunuh Jenderal A di desa X. Nah disitu nanti gimana caranya pemainnya kamu giring ke desa X. Bisa kamu kasi map ato gmn terserah. Setelah Jenderal A mati nanti km kasih film pendek lagi. Kemudian keluar misi 2, misal hancurkan desa X. Kurang lebih seperti itu.

      Delete
    2. mas mau tanya...
      game 3D bergenre FPS kalau dibuat menggunakan blender 3D aj bisa gk?
      kalau untuk desain pakai adobe ilustrator dan scriptnya pakai phyton, jadi saya mau buat game 3D dari blender 3D, adobe ilustrator dan phyton script, bisa gak ya?
      tolong responnya ya...

      Delete
    3. Bisa kok.. tp saya kurang tahu caranya. Saya biasa menggunakan blender cuma buat modeling. Adapun engine nya saya pake Unity. Lagian Unity juga gratis, dengan fitur yang oke...

      Delete
  12. wah,, kendalanya sama ini,, Referensi.
    aku juga mau buat game tentang sejarah.harus se'persis' apa sih dengan aslinya. misalnya map desa, model-model 3d nya.. kalau harus persis,, agan gmna buat referensinya?

    atau gak perlu terlalu diperhatikan, karena fokus game ke 'cerita' sejarahnya?

    kasi masukannya donk gan.,. :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang yang paling masles itu tentang referensi. Kalau saya sih cuma kuat di cerita. Dan untungnya waktu itu pembimmbing + penguji tugas akhir saya tidak terlalu mempermasalahkan tentang model-modelnya...

      Delete
  13. Assalamu'alaikum
    Mass projectnya keren... >_< :D
    oiy mas mau tanya, untuk Project Game.Tugas Akhir ini.. berapa lama proses pembuatannya mas ?? jujur saya tertarik dg topik game. sayangnya masih 0 bgt.. | saya juga termasuk MSA (Mahasiswa Semster Akhir) T_T :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pengerjaan sekitar 4 bulan. Kalo dari 0 saya sarankan pikir lagi deh.. mengingat kendalanya lumayan banyak. Hehehe...
      Semoga dilancarkan skripshit nya ya... :D

      Delete
  14. Itu scriptnya pake bahasa apa ya....?
    terus kalo mau bljr scriptnya dimulai dari mana ya??

    ReplyDelete
  15. saya jadi pengen bikin juga games fps dengan tema perjuangan mampir keblog saya mas .mungkin kita bisa share http://bikingamesimple.blogspot.com/ .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren blog nya.. Mungkin kita bisa saling share... :)

      Delete
    2. Mas boleh minta referensi tentang algoritma FSM?

      Delete
    3. Mas boleh minta referensi Algoritma FSM?

      Delete
  16. mas game ini bisa pake eclipse ga?

    ReplyDelete
  17. assalaamualaikum
    gan pake blender versi brp?

    ReplyDelete
  18. Wahhh keren nih gamenya, buat yang versi PC juga kalau bisa, hehehe

    ReplyDelete
  19. sob, gamesnya kurang jelas animasinya pakai aplikasi blender aja sob..lebih jelas 3D nya dan gamesnya pasti lebih oke ...

    ReplyDelete
  20. biar hidup 3D nya saran saya pakai media bleder aja lebih oke

    ReplyDelete
  21. Mantap gan..
    saya boleh minta kontaknya gan ?
    saya mahasiswa akhir gan, mau buat Tugas akhir game juga, sekalian mau belajar.. Terimakasih.

    ReplyDelete
  22. Mas udh ad tutorialnya yang ini?

    ReplyDelete
  23. Mas saya mau buat skrisi tentang game nih...ada no hp gak ?
    ini no hp saya mas...
    089693652271 tolong ya mas

    ReplyDelete