Blogging for sharing, sekedar berbagi ilmu dan pengalaman

Airdroid, Web PC Suite Untuk Perangkat Android

August 22, 2013 Posted by Ahmad Saifuddin Azhar No comments
Pernahkah Anda merasa tidak nyaman untuk mengetik SMS di perangkat Android Anda? Pernahkah Anda merasa jengkel ketika Anda sedang sibuk di depan PC Anda tiba-tiba ada pesan masuk yang harus segera dibalas? Kebanyakan device Android hanya dibekali layar sentuh tanpa adanya keypad QWERTY sehingga hal ini mungkin akan sedikit memperlambat Anda dalam mengetik SMS. Namun saat ini dengan program ringan Airdroid dimungkinkan untuk mengetik, mengirim, atau membalas SMS via PC. Tentu hal ini akan sangat membantu bagi Anda sebagai pecandu SMS sekaligus pengguna aktif PC.

Airdroid merupakan aplikasi besutan Sand Studio yang berfungsi sebagai web PC Suite untuk mengelola SMS, managemen file dan aplikasi via PC. Airdroid dapat diunduh secara gratis di Google Play Store di sini.

Download Airdroid
Airdroid dapat di download secara gratis di Google Play Store di link berikut. Atau buka Play Store di device Anda dan cari Air Droid kemudian download dan Install.

Airdroid pada Google Play Store
Gambar Airdroid di Google Play Store

Koneksikan device dan PC 
Cara termudah untuk mengkoneksikan PC dengan Android adalah dengan menggunakan wireless tether. Caranya adalah aktifkan tether/hotspot Android dengan masuk ke menu Setting >> Pada Wireless & Networking pilih Tethering & Portable hotspot >> Centang Portable Wi-Fi Hotspot. Setelah tethering di Android aktif selanjutnya aktifkan wifi di PC Anda dan koneksikan wifi PC Anda dengan hotspot dari device Android Anda.
Jalankan service
Setelah koneksi berhasil langkah selanjutnya adalah dengan menjalankan Airdroid. Buka Airdroid di Android Anda kemudian lihat alamat IP device Android Anda.
 
Memulai service Airdroid
 Gambar Airdroid berjalan pada 192.168.8.101:8888

Akses via web
Langkah selanjutnya buka browser Anda misal Mozilla Firefox, Google Chrome, dsb kemudian ketikkan alamat yang ada pada Airdroid. Dalam kasus ini alamatnya adalah http://192.168.8.101:8888. 
 
Buka alamat IP device airdroid
 Gambar akses Airdroid via web browser

Ketika Anda mengakses lihat Android Anda maka akan ada konfirmasi permintaan. Klik accept.

accept konfirmasi koneksi
Gambar konfirmasi Airdroid

Kalo udah di accept kira-kira begini nih screenshotnya di desktop...

Tampilan airdroid sebagai web PC Suite

Airdroid PC Suite untuk managemen file

Baca / Kirim SMS
Untuk baca dan kirim SMS silahkan masuk ke menu Messages dan silahkan explore sendiri. Mohon maaf kali ini tidak bisa saya share capturenya karena nanti SMS saya bakal kebaca.

Mau tahu selengkapnya tentang airdroid? Silahkan simak dalam video berikut


0 comments:

Post a Comment