Blogging for sharing, sekedar berbagi ilmu dan pengalaman

Ngapain sih saya bikin blog ?

August 30, 2013 Posted by Ahmad Saifuddin Azhar No comments


Siang ini saya sedikit kurang kerjaan. Memang, hari ini sedikit sepi dari tugas-tugas kuliah. Sejak pagi saya hanya duduk ditemani laptop kesayangan saya lengkap dengan browser Firefox yang merupakan browser favorit saya. Hingga pada siang ini saya teringat tentang sedikit perkataan seseorang kepada saya beberapa waktu yang lalu dimana kurang lebih perkataan itu seperti ini “Ngapain sih kamu bikin blog? Dapet uang juga belum tentu, capek iya. Kalopun kamu nulis artikel, belum tentu juga artikel kamu dibaca orang”. Hahahaha…. Saya hanya sedikit tertawa kecil dalam hati karena memang saya menulis blog ini bukan untuk dibaca orang lain, tapi memang untuk saya sendiri. Kalaupun ada orang yang baca kebanyakan juga orang yang nemuin blog saya dari google atau orang yang memang ingin mengetahui blog saya. Saya sangat jarang mempromosikan atau menunjukkan blog ini di manapun, termasuk di jejaring sosial atau sejenisnya. Seringkali saya hanya membagikan artikel di jejaring sosial jika sebelumnya ada pertanyaan, atau seringkali ada pertanyaan tentang apa yang saya tulis di artikel tersebut. Kemudian, ngapain sih saya bikin blog kalo gak buat dibagi? Inilah beberapa alasan saya kenapa saya membuat blog ini.

Iseng
Ya.. Inilah alasan terkuat kenapa saya membuat blog ini. Saya pertama kali membuat blog dengan akun wordpress (http://gurusakti.wordpress.com) sudah sejak hampir 2 tahun lalu (terhitung ketika saya menulis artikel ini) yaitu sekitar awal 2011, dan itupun saya hanya sekedar iseng ikut-ikutan membuat blog tanpa ada niat untuk apa saya membuat blog dan apa yang akan saya isikan. Baru setelah hampir setahun kemudian, Desember 2011, saya baru memulai membuat post di blog wordpress dan terus berlanjut sampai sekarang.

Menjawab Pertanyaan yang berulang
Mungkin ini juga merupakan salah satu alasan yang cukup kuat kenapa saya membuat blog ini. Seringkali teman-teman saya menanyakan sesuatu yang kurang lebih menghasilkan jawaban yang mirip. Sebagai manusia terkadang saya juga bosan memjawab satu per satu pertanyaan dari mereka yang kebanyakan bertanya via SMS atau chat FB. Untuk itu, agar lebih praktis saya menyusun tutorial dalam blog ini sehingga ketika ada pertanyaan yang sama maka dengan santai saya akan memberikan link dari blog ini dan saya persilahkan untuk mencobanya sendiri. Lebih praktis bukan?

Sebagai catatan
Terkadang saya menemukan sebuah link tutorial yang menarik, atau bahkan terkadang saya menguasai sebuah ilmu baru yang cukup menarik. Sangat disayangkan bukan jika ilmu tersebut menguap begitu saja? Untuk itu seringkali saya membuat suatu catatan agar ilmu tersebut tidak menguap. Tapi tunggu, bagaimana jika saya membagikan catatan saya kepada orang lain? Tentunya akan lebih bermanfaat. Jadi, jika Anda cermati beberapa artikel dalam blog ini sebenarnya adalah catatan saya dan ketika saya membutuhkannya, saya dapat langsung mencarinya di blog saya sendiri.

Berbagi
Loh… Tadi katanya bikin blog bukan buat berbagi, kok plin plan sih? Ok saya jelaskan, ini memang bukanlah alasan utama saya, namun konsekuensi Anda membuat blog pasti dibaca oleh orang lain, dan bahkan mungkin pembacanya adalah orang yang sama sekali belum Anda kenal. Bagamana jika anda menulis sesuatu yang bermanfaat? Saya yakin, semakin banyak orang yang membaca maka akan semakin banyak Pahala yang mengalir buat Anda.

Sekedar Curhat dan Menunjukkan Karya Saya
Yang ini mungkin terdengar sedikit aneh, karena saya adalah tipe orang yang mungkin sedikit tertutup. Terus, apa maksudnya blog untuk curhat? Curhat disini biasanya adalah curhat tentang keberhasilan saya dalam menciptakan suatu karya, meskipun karya tersebut seringkali sesuatu yang simple yang mungkin dianggap sepele bagi kebanyakan orang

Mungkin sekian sedikit curhatan saya kenapa saya membuat blog ini dan terimakasih karena telah membaca curhatan saya yang sedikit alay ini. Hehehe…

0 comments:

Post a Comment