Blogging for sharing, sekedar berbagi ilmu dan pengalaman

Andengine, Library Imut Yang Tangguh Untuk Membuat Game 2D Berplatform Android

August 26, 2013 Posted by Ahmad Saifuddin Azhar No comments

Logo andengine

Andengine, mungkin hanya sedikit dari anda yang tahu. Bahkan mungkin juga sebagian besar dari anda baru mengenal kata ini setelah anda membaca artikel ini. Memang, saya sendiri juga sangat awam tentang hal ini. Mulanya saya juga tidak tahu apa itu Andengine, sampai pada suatu ketika karena tuntutan saya harus menggunakan library ini untuk mengembangkan suatu permainan yang saya buat bersama teman-teman saya. Mungkin jika berkenan anda dapat membaca sedikit pengalaman saya ketika membuat game dengan menggunakan library ini disini.

Sebenarnya saya sendiri merasa kurang pantas jika menjelaskan tentang Andengine, karena saya sendiri juga baru sekali memakainya. Tapi apalah artinya ilmu jika tidak diterapkan dan dibagikan, untuk itu pada artikel kali ini saya akan sedikit memaparkan apa itu Andengine dan apa kelebihan kelemahan dari library ini.

Andengine merupakah suatu library kecil yang dibuat untuk memudahkan kita membuat game pada device Android. Pada library ini sudah terdapat kelas-kelas yang dapat mempermudah pembuatan game, misal kelas Animasi, Sound, Physic, dsb. Sebenarnya, ada banyak library yang dapat anda gunakan selain andengine, misal rokon, libgdx, dan masih banyak lagi. Library ini bersifat free open source, jadi tidak perlu khawatir tentang biaya pembuatan game. Seperti layaknya pemrograman Android, pengembangan game dan aplikasi menggunakan library ini menggunakan bahasa pemrograman java.

Sedikit membandingkan dengan salah satu game engine Unity yang pernah saya review disini, memang kemampuan Andengine masih kalah jauh. Pada engine unity akan disajikan tampilan visual dalam pembuatan game, namun untuk Andengine anda harus mengandalkan Eclipse IDE untuk membuat game anda yang tentu saja tidak ada tampilan grafik dari rancangan game anda. Yang ada hanyalah sederetan baris program yang mungkin sukses membuat anda pusing. Namun saya rasa hal ini adalah sangat wajar, mengingat harga lisensi unity android yang selangit, sedangkan andengine dapat anda dapatkan secara gratis dan ukurannya tak lebih dari 10MB.

Mungkin bagi anda yang pemula atau baru akan belajar membuat game android, library ini mungkin dapat menjadi salah satu pilihan anda. Namun bagi anda yang punya modal besar dan serius akan mendirikan perusahaan game, mungkin saya rasa pemakaian Unity akan lebih masuk akal. Meski begitu jangan remehkan library ini, diam-diam library ini banyak digunakan oleh para developer dan hasilnya luar biasa. Aplikasi hasil dari andengine inipun sudah banyak menyebar luas di android market. Jika anda ingin tahu aplikasi apa saja yang dibuat menggunakan Andengine bisa anda cek disini.

Sedikit yang saya sukai dengan library ini, seorang programmer tidak perlu mengetahui keseluruhan method dari Andengine. Anda diperkenankan memilih sesuai style pemrograman anda sendiri, apakah anda akan memakai method andengine ataukah method standard. Saya beri sedikit contoh, anda akan memakai sensor accelerometer pada device anda. Maka anda dapat menggunakan method accelerometer yang telah disediakan andengine, ataukah dengan method standard java untuk memperoleh nilai accelerometer pada umumnya. Keduanya akan sama-sama menghasilkan value, dan anda dapat mengolah valuenya. Namun pada umumnya method yang disediakan andengine akan jauh lebih singkat dan lebih sederhana jika dibandingkan anda menggunakan method standard.
Berikut adalah kelebihan dari Andengine :
  1. Free.
  2. Relatif mudah digunakan.
  3. Terdapat berbagai extension yang bisa digunakan, misal Physics extension, multitouch extension, multiplayer extension, bahkan AR extension. Selain itu masih banyak extension yang lainnya.
  4. Komunitas yang memakai AndEngine lumayan banyak, jadi lebih mudah untuk mencari referensi di komunitas ini.
Selain berbagai kelebihan di atas, tertnyata AndEngine juga memiliki berbagai kelemahan. Diantara kelemahan AndEngine adalah sbb :
  1. Hanya suport game 2D.
  2. Dokumentasi sangat kurang, namun hal ini dapat diatasi karena banyaknya komunitas Andengine yang siap menjawab pertanyaan anda.
  3. Terkadang masih ditemui bug dalam library ini, jadi jangan heran jika program anda error padahal script anda sudah benar. Tai jangan khawatir, selama pengalaman saya bug selalu ada solusinya koq… ^^
Untuk situs remi andengine bisa anda kunjungi di http://www.andengine.org/.
Berhubung jam laptop telah menunjukkan angka 23.33, mungkin saya cukupkan artikel saya kali ini, untuk cara install dan cara menggunakan Andengine mungkin akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata. Monggo silahkan komen jika ada pertanyaan atau request artikel selanjutnya. Terus berkarya..!!! Sekian, terima kasih ^^

0 comments:

Post a Comment