Blogging for sharing, sekedar berbagi ilmu dan pengalaman

Koneksi Android ADB Menggunakan Wifi ( Debugging via Wifi )

August 21, 2013 Posted by Ahmad Saifuddin Azhar , 2 comments
Sekedar share nih.. Berangkat dari penglaaman pribadi. Bagi Anda seorang programmer Android pasti pernah akan melakukan yang namanya debugging langsung di HP, maksudnya bukan di emulator. Nah… Kalo anda sedang melakukan debuging  pasti nih Anda maen-maen dengan tools yang namanya adb. Nah… Pada umunya secara default adb dapat dijalankan over USB kabel. Masalahnya, bagaimana jika anda ingin membuat program yang memanfaatkan fitur accelerometer? Anda harus menjungkir balikkan handphone Anda untuk mengetes apakah program Anda sudah berjalan baik atau belum. Bayangkan jika Anda menggunakan kabel. Yahh…. Lagi enak-enak jungkir balik eh koneksinya putus….. Dan debugpun berakhir sehingga harus dimulai dari awal lagi. Nah pada artikel kali ini saya ingin sedikit berbagi untuk menguprek device Android Anda, yaitu untuk membuat koneksi adb bukan lagi melalui USB kabel melainkan melalui koneksi wifi. Yuk… Langsung aja kita praktek….

Bahan percobaan :
  • Device android yang sudah di root dan ada wifinya
  • Komputer/lepi sudah diinstall Android SDK dan ada wifinya
Untuk mengubah koneksi ADB melalui wifi Anda dapat menjalanka perintah sbb :

#setprop service.adb.tcp.port 5555
#stop adbd
#start adbd

Nah untuk mengembalikan ADB nya ke USB kabel Anda dapat merubah portnya dengan nilai -1. Berikut perintahnya :

#setprop service.adb.tcp.port -1
#stop adbd
#start adbd

Untuk mengecek apakah perintah yang Anda jalankan sudah berhasil atau belum Anda dapat menjalankan perintah getprop. Jangan lupa difilter (grep) adb ya kalo gak mau pusing nyari. Contohnya sbb :

#getprop | grep adb

Berikut adalah hasil capture dari handphone saya sebelum dan setelah dilakukan setprop adb port.

Capture setelah setprop

Nah setelah konfigurasi selesai sekarang saatnya percobaan nih untuk mengecek keberhasilannya. Koneksikan PC Anda dengan device Android Anda via wifi, bisa lewat usb tethering atau barangkali lewat jaringan wifi hotspot atau sejenisnya. Yang penting antara PC dan device dapat saling berkomunikasi dan saling ping-ping’an. Kemudian liat nomer IP dari Android anda, jalankan perintah sbb :

#ip address

Maka nomer IP dari device akan ditampilkan, cari bagian wlan. Liat gambar di bawah.

Tampilan nomer IP pada berbagai interface Android

Pada gambar tersebut IP address dari device saya untuk interface wl0.1 adalah 192.168.43.1. Nah sekarang semua sudah siap. Tinggal buka cmd (untuk Windows) kemudian coba ping IP Android Anda. Setelah berhasil coba anda tes untuk menjalankan adb connect ke device Anda. Lihat gambar :

koneksi adb shell menggunakan wifi

Naah…. Anda sudah berhasil meremote device Anda bukan?? Nah sekarang coba Anda buka eclipse dan buka bagian DDMS. Anda akan melihat device Anda disitu dan siap digunakan untuk debugging.

Koneksi adb untuk debuging eclipse

Nah…. Sekarang Anda sudah dapat melakukan debuging langsung di device Android Anda via wifi. Tak perlu takut lagi koneksi kabel putus dan tak perlu install-install driver tetek bengek. Keren bukan?? Namun menurut saya pribadi (entah benar atau salah) cara ini juga memiliki kelemahan yang cukup fatal, terutama pada masalah keamanan. Saya sarankan sebaiknya Anda selalu mengembalikan koneksinya menggunakan USB saat tidak digunakan. Kenapa?? Karena orang lain dapat masuk dengan mudah ke device Anda tanpa adanya autentikasi. Lebih parah dari itu, seseorang juga dapat mendapatkan hak akses root dari device Anda, sehingga handphone Anda akan berada dalam keadaan sangat rentan. Orang akan dengan mudah meremote device Anda dan mencuri data-data Anda, bahkan merusak handphone Anda.
Selanjutnya sekian artikel dari saya… Selamat mencoba… Maaf kalau ada kesalahan dan terus berkarya… ^_^

Sumber : Blog pribadi gurusakti

2 comments:

  1. Replies
    1. Sekarang sudah ada aplikasinya gan.. WiFi ADB. Download aja di Play Store, tinggal 1x sentuhan. Syaratnya device harus sudah di root

      Delete